Nominasi Best Cinematography FFI'87
• F.E.S. Tarigan - Cintaku di Rumah Susun
Nominasi Best Cinematography FFI'90
• F.E.S. Tarigan - Cas Cis Cus (Sonata di Tengah Kota)
Best Cinematography FFI'92 1992 F.E.S. Tarigan - Plong (Naik Daun)
• F.E.S. Tarigan - Cintaku di Rumah Susun
Nominasi Best Cinematography FFI'90
• F.E.S. Tarigan - Cas Cis Cus (Sonata di Tengah Kota)
Best Cinematography FFI'92 1992 F.E.S. Tarigan - Plong (Naik Daun)
Lahir Rabu, 10 September 1941, di Kabanjahe, Sumatra Utara. Pendidikan All Union Institute Of Cinematografi, USSR (Rusia,1970). Setamat dari Rusia, penggemar fotografi sejak SMP ini langsung dapat kepercayaan jadi juru kamera dalam Tanah Gersang (1971) produksi PT Avisarti Film. Hasil pelajaran 6 tahun di Rusia dan pengalamannya sebagai juru kamera kemudian di tularkan ke mahasiswa IKJ. Pada tahun 1988 dan 1989 duduk sebagai anggota komite seleksi pada FFI.
Namanya sendiri FES. Tarigan.MA , dulu saya kira itu Title sekolah semacam ekonomi atau apalah, tetapi ketika dia menjelaskan itu adalah Master of Art dari Moskow itu. Pernah ketemu dia bahkan pernah shootying bareng untuk sinetron di Antv waktu tahun 1995. Awalnya saya tidak tahu siapa kameraman kita ini, yang saya tahu hanyalah dia seorang kameraman lama. Jadi agak segan dikit,.
Karena semua crewnya adalah orang muda, maka dia bilang senang juga bekerja dengan anak muda yang agresif sekali. Bahkan dia senang sekali. Saat saya satu mobil bersama dia dalam jemputan, kita ngobrol di mobil, dari situ saya tahu kalau dia jadi kameramannya film hampir semua filmnya Ateng, dan dia juga yang buat film Jaka Sembung. Saya terus terang langsung salaman sama dia dan bilang, saya pengagum anda kalau begitu. Saya tidak sangka saya sekarang sedang bekerja dengan orang yang saya kagumi. Saat itu saya banyak tanya dengan dia, dan mulailah dia sebagai sumber pantauan saya, hampir semua gerak geriknya saya perhatikan. Juga dalam hal tata lampunya. Kita membuat sinetron dengan kamera video, tetapi dia tetap menggunakan Lightmeter untuk mengukjur lampu-lampunya. Agak sedikit lama memang dia menata lampunya, tetapi dia sangat menata sekali. Bahkan cutteran lampunya banyak sekali sehingga satu lampu membutuhkan cutteran 5 hingga lebih. Mulai menggunakan filter, cuter-cuter, hingga cutter yang menurut saya itu adalah efek. Dia memakai kawat jeruji untuk menghaluskan lampunya. Memang terasa akal-akalan, tetapi saya tahu maksudnya. Walaupun mungkin sudah tersedia alat itu bagi shooting, tapi dia tetap membuatnya sendiri dengan sederhana.
Selain itu juga dia menggunakan stocking atau kain hitam yang ada bordiran bolong-bolongnya untuk ditaruhkan di depan lensa. Ini fungsinya untuk filter diffuser, katanya waktu dulu jarang ada filter itu sehingga dia mengakalinya. Saya pernah coba di kamera foto 35mm, hasilnya memang diffuser. Dan ternyata bisa buat skintone sesuai dengan stoking warna yang komplit bila di cocokan dengan skintone pemain kita. Tetapi untuk mengumpulkan warna-warna skin tone stoking, cukup kewalahan juga mencarinya. TEtapi bila tersedia akan luar biasa sekali bila di telatkan di depan lensa. Yang saya ingat adalah dia bilang cameraman harus jago menari, karena sangat berguna bila ada gerak kamera, pan atau till, atau dolly track. Dan juga berkaitan dengan mendengarkan musik. Sampai sekarang ini saya menggunakan metode itu juga. Dia sangat profesional sekali, saya bingung, kenapa orang dulu sangat paham sekali A-B-C-D-nya saat shoting. Dia masih butuh test camera, dan test semuanya sesuai dengan apa yang saya dapat di bangku kuliah tentang A-B-C-D-nya. Dan itu dia lakukan sampai saat itu. Kadang kita sudah melupakan itu, padahal kalau di pikir sangat fatal sekali bila itu terjadi. Hal sekecil apapun harus di perhatikan, kadang yang kecil ini suka di remehkan, tetapi akan mengacaukan semuannya.
PENANGKAL ILMU TELUH | 1979 | S.A. KARIM | Director Of Photography | |
SUNDEL BOLONG | 1981 | SISWORO GAUTAMA | Director Of Photography | |
BING SLAMET KOBOI CENGENG | 1974 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
DOSA SIAPA | 1972 | SUSILO SWD | Director Of Photography | |
MARABUNTA | 1973 | SISWORO GAUTAMA | Director Of Photography | |
PERKAWINAN NYI BLORONG | 1983 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
INEM PELAYAN SEXY | 1976 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
SANGKURIANG | 1982 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
RATU PANTAI SELATAN | 1980 | ACKYL ANWARI | Director Of Photography | |
ATENG MATA KERANJANG | 1975 | ASRUL SANI | Director Of Photography | |
ATENG KAYA MENDADAK | 1975 | PITRAJAYA BURNAMA | Director Of Photography | |
ATENG MINTA KAWIN | 1974 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
ATENG RAJA PENYAMUN | 1974 | PITRAJAYA BURNAMA | Director Of Photography | |
PENGABDI SETAN | 1980 | SISWORO GAUTAMA | Director Of Photography | |
JAKA SEMBUNG SANG PENAKLUK | 1981 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
SAYANG SAYANGKU SAYANG | 1978 | BAY ISBAHI | Director Of Photography | |
PERJANJIAN DI MALAM KERAMAT | 1991 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
CINTAKU DI RUMAH SUSUN | 1987 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
SI DOEL ANAK MODERN | 1977 | SJUMAN DJAYA | Director Of Photography | |
NAPSU SERAKAH | 1977 | BAY ISBAHI | Director Of Photography | |
PLONG | 1991 | PUTU WIJAYA | Director Of Photography | |
SRIGALA | 1981 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
BAWANG PUTIH | 1974 | F. SUTRISNO | Director Of Photography | |
KEMELUT HIDUP | 1977 | ASRUL SANI | Director Of Photography | |
BONEKA DARI INDIANA | 1990 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
KIPAS-KIPAS CARI ANGIN | 1989 | NYA ABBAS AKUP | Director Of Photography | |
DALAM SINAR MATANYA | 1972 | PITRAJAYA BURNAMA | Director Of Photography | |
CAS CIS CUS | 1989 | PUTU WIJAYA | Director Of Photography | |
NYI AGENG RATU PEMIKAT | 1983 | SISWORO GAUTAMA | Director Of Photography | |
NYI BLORONG | 1982 | SISWORO GAUTAMA PUTRA | Director Of Photography | |
TIGA SEKAWAN | 1975 | CHAERUL UMAM | Director Of Photography | |
TUYUL PEREMPUAN | 1979 | BAY ISBAHI | Director Of Photography | |
TUYUL | 1978 | BAY ISBAHI | Director Of Photography | |
CHRISTINA | 1977 | I.M. CHANDRA ADI | Director Of Photography. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar