Rabu, 26 Agustus 2020

PANDJI SEMIRANG 1953

 PANDJI SEMIRANG 

Film ini S.Waldy memakai nama Fata Djelata

Liku, selir kesayangan Raja Daha, meracuni permaisuri, hingga ia bisa jadi permaisuri bernama Djaganaga. Kemudian ia merancang muslihat agar putrinya, Galuh Adjeng, bisa dijodohkan dengan Pangeran Inu Kertapati, tunangan, Tjandra Kirana, putri mendiang permaisuri. Hasilnya, Inu Kertapati melupakan Tjandra Kirana.

Inu juga diperintah ayahnya, Raja Kuripan, untuk mengirim boneka emas yang dibungkus kain buruk dan boneka perunggu yang dibungkus kain sutra. Djaganaga mengambil boneka terbungkus sutra dan diberikan kepada putrinya. Galuh marah ketika tahu Tjandra Kirana bermain dengan boneka emas. Galuh berusaha merebut boneka emas itu. Raja memerintahkan Tjandra menyerahkan boneka emasnya pada Galuh.

Tjandra meninggalkan istana dan masuk hutan. Di sana ia mendirikan kerajaan baru dan mengumpulkan pasukan untuk mengganggu Daha. Ia selalu mengenakan pakaian pria dan menamakan dirinya Pandji Semirang. Raja Daha mengirimkan pasukannya untuk membasmi pasukan Pandji Semirang yang dibantu Inu Kertapati. Setelah mengalahkan pasukan ayahnya, Tjandra dan Inu nikah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar