Rabu, 09 Februari 2011

SEPASANG MATA MAUT / 1989

SEPASANG MATA MAUT


Tarjo (M. Rojali) dipenggal kepalanya oleh Parman (Sutrisno Wijaya) dan kawan-kawan, teman seperguruan. Supandi (Hengky Tornando) dipaksa berhenti dari kantor majikannya, agar rahasia pembunuhan itu tidak ketahuan. Ia lalu mengungsi ke desa bersama istrinya, Lia (Raja Emma). Pandi menggali sumur, sementara Lia menjadi guru SD. Waktu menggali sumur di rumahnya, Pandi menemukan kepala Tarjo, yang sebenarnya dicari-cari adiknya, Ijah (Wenny Rosaline), yang sejak kematian kakaknya, jadi seperti orang kurang waras. Maka bergantian dengan cerita Pandi dan Ijah, kisah masa lalu Tarjo diungkapkan. Parman memperkosa pacar Tarjo, yang juga istri majikan tempat mereka bekerja, hingga hamil. Kesalahan lalu ditimpakan pada Tarjo. Parman bisa membunuh Tarjo setelah mengetahui rahasia kesaktiannya, hanya bisa dibunuh setelah pedangnya dilumuri darah perawan. Kepala Tarjo yang ditemukan lalu memperbudak Pandi, untuk membalas dendam pada Parman dan kawan-kawan. Satu per satu dibunuh. Ijah yang tahu duduk persoalannya, lalu berusaha mencegah bersama Jayusman (Torro Margens), kawan guru Lia yang juga seorang jagoan. Dalam usaha itu Ijah tertusuk pedang Parman. Supandi selamat. Parman tewas. Kepala Tarjo dilemparkan ke api oleh Ijah dan terbakar. Dan terdengarlah suara memberikan petuah-petuah agama. 
 

Kisah gila tentang seorang yang dipenggal, yang kepalanya lapar akan balas dendam. Sedangkan di beberapa film Indonesia hampir separuh filmnya adalah badan tanpa kepala dalam perjalanan (misalnya di BUAYA PUTIH atau BANGKITNIYA Si MATA MALAIKAT) di sini ada kepala tanpa badan yang menyebarkan teror. Adegan di mana Supandi kepala Tarjo diperintah dan berada di bawah kendali dia mengingat sedikit RE-ANIMATOR, jangan terlalu banyak membuat perbandingan. Ketika Supandi benar-benar tidak bertulang dengan kepala Tarjo di tangan berlarian dan ingin menyembunyikan kepalanya di dalam rumah, yang terkadang lucu. Terkadang dia membawanya ke dalam kotak. Namun, adegan tersebut tidak lucu karena kepala Supandi dan Tarjo membunuh beberapa orang. Pembunuhan pertama sangat buruk. Kepala menggigit tangan salah satu anak buah Parman, kemudian tangan itu digerakkan oleh ilmu hitam dan mengambil pistol dan menembak pria itu. Kemudian kepala Tarjo terbang ke kamar tidur tempat putri lelaki yang hamil itu terbaring. Dengan cara berdarah menyedot kepala bayi dari usus dan membunuh gadis itu. Cukup hambar semua. Dan di pertarungan terakhir antara Parman dan kepala Tarjo terjadi aksi gila.

Kepalanya terbang maju mundur dan menyerang dan saat adik Parman Tarjo mengebor dengan pedang, Ijah merobek mata Parman dan kepala Tarjo mencabut pedang dengan gigi keluar dari perut Ijah, terbang ke Parman dan memotong tenggorokannya.
 P.T. KANTA INDAH FILM

RAJA EMMA
HENGKY TORNANDO
WENNY ROSALINE
SUTRISNO WIJAYA
TORRO MARGENS
ACHMAD SYURKATI
RAMA SOEDIN
RAHIM ZAILANI
M. ROJALI
FERRY IRAWAN
BENTENG TOGATOROP
IMRON SJAHDAN

1 komentar:

  1. download filem sepasang mata maut.. caranya gimana mas
    trims

    BalasHapus