Rabu, 26 Januari 2011

YANG MASIH DI BAWAH UMUR / 1985

YANG MASIH DI BAWAH UMUR


Karena perkosaan ramai-ramai terjadi pada Diah (Dina Mariana) yang ditaksir Fahmi (Rano Karno), maka adiknya, Farah (Gladys Suwandhi), dikekang orang tuanya. Fahmi menolong Diah setelah perkosaan. Ibu Diah datang ke rumah Fahmi untuk minta tanggung jawab, karena menurut pengakuan Diah, hanya Fahmi yang dilihatnya. Fahmi mau mengawini Diah yang hamil, tapi ayahnya menyelesaikan masalah ini dengan minta Diah menggugurkan kandungan dan pergi, hingga Fahmi kecewa.

Kekangan terhadap Farah ternyata juga tak berhasil. Dalam liburan ramai-ramai yang diatur ayahnya di daerah pegunungan, Farah jumpa dengan Mahdi (Gusti Randa), pemuda desa itu yang romantis. Kehamilan terjadi ayahnya tak terima. Kali ini penyelesaiannya: begitu akad nikah berlangsung, Farah diungsikan ke luar negeri, sampai melahirkan bayinya. Bayinya hendak diangkat anak oleh tantenya. Farah tak mau. Fahmi memberi tahu Mahdi. Meski tak percaya, akhirnya Mahdi membawa lari Farah.

 Sementara Fahmi yang terus membela adiknya diusir dari rumah. Ayahnya yang mencoba menggunakan pengacara dan polisi untuk mengambil Farah, tak berhasil karena surat nikah sudah diambil Fahmi dan diserahkan pada adiknya. Fahmi sendiri belum berhasil meyakinkan Diah yang masih menderita, bahwa dia sangat mencintainya.

Film ini mempopulerkan Gladys Suwandi, dan seterusnya film Pernikahan dini yang di sutradarai sama juga Yazman. Yazman mengakuiuUntuk film drama, saya penggemar Sjuman Djaya. Saya salut padanya. Meski sekolah di luar negeri, saat kembali ke Indonesia dia selalu bikin film yang berlatar budaya Indonesia. Saya ingin seperti itu. Sebelum meninggal, dia pernah bikin skenario untuk saya sutradarai.  Katanya, "Kamu saya bikinin skenario, awas kalau nanti hasilnya enggak bagus." Dari skenario itu, jadilah film Masih Di Bawah Umur yang dibintangi Gladys Suwandi.
 P.T. GRAMEDIA FILM

GLADYS SUWANDHI
RANO KARNO
GUSTI RANDA
DINA MARIANA
MARIA OENTOE
GALEB HUSEIN
BUNG SALIM
AMINAH CENDRAKASIH
ALICIA DJOHAR
WENTY ANGGRAINI
RINA AYUNANI
AMI PRIJONO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar