Senin, 24 Januari 2011

MAYAT HIDUP (Jeritan Malam) / 1981

MAYAT HIDUP


Film ini cukup seram saat itu. Tetapi memasang bintang lawak S.Bagio adalah gaya film horor saat itu yang dimana nantinya Serem diadu dengan kekonyolan si Pelawak. Selain kesereman yang ditampilkan film horor saat itu, penonton juga suka mentertawakan orang yang ketakutan dalam film karena hantu. S.Bagio adalah tokoh yang akan ditertawakan oleh penonton nantinya. Sama halnya h.Bokir yang ditertawakan oleh penonton.

Film ini mirip frankenstein yang membangkitkan mayat hidup kembali. Dalam film Asing mereka tidak percaya mistik, tetapi mereka percaya akan sesuatu hal yang masuk akal, walaupun secara saint belum terbukti, tetapi saint ini ditampilkan sehingga penonton maklum akan bangkitnya mayat itu kembali. Dalam film ini S.Bagio bukan seorang profesor yang benar-benar menjiwai dalam profesinya, lebih kepada profesor yang kebanyakan ilmu hingga terlihat begok-begok. Tetapi teori yang ditampilkan untuk menghidupkan mayat hanya menambahkan darah saja, cukup simple sekali selayaknya drakula. Saya kira akan lebih dasyat lagi bukan ilmu profersor Saint yang ditampilkan, tetapi unsur mistik yang banyak di Jawa ini yang ditampilkan.

Ny. Lina terkenal kecantikannya. Ia dalam keadaan koma karena sakit parah. Suaminya memutuskan untuk membawanya ke seorang profesor, selain dokter ahli juga peneliti masalah ilmu gaib termasuk hantu, tuyul, kuntilanak, pocong dan lainnya. Kegemaran profesor ini tercemar oleh mental korup asistennya. Ny. Lina yang memerlukan darah, mendapatkan tranfusi darah istimewa, yakni darah Ny. Kemangmang sejenis makhluk halus yang suka menghisap otak manusia. Karena transfusi itu, Ny. Lina bangkit dan mempunyai sifat seperti Ny. Kemangmang, sehingga banyak korban berjatuhan, termasuk asisten yang korup itu. Suami Ny. Lina yang pernah diberi petunjuk oleh asisten profesor tentang bagaimana cara membunuh Kemangmang.Untuk menghentikan perbuatan istrinya, maka dibunuhlah Ny. Kemangmang sesuai petunjuk yang pernah diterimanya.

P.T. SJAM STUDIO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar