Senin, 07 Februari 2011

SUPIR ISTIMEWA / 1954

 
 
 
Untuk mendekatkan diri dengan Rukyah (E. Zainah), gadis desa yang diminatinya, pemuda kota Kadir (MS Priyadi) menyamar sebagai supir. Rukyah kelihatan amat sulit dijinakkan, tapi akhirnya berhasil juga, setelah melewati jalan yang berliku. Antara lain, Rukyah dituduh mencuri kalung, meski kemudian terbukti merupakan kekhilafan ibu Kadir.

Supir Istimewa diproduksi untuk Persari Film Corporation oleh Djamaluddin Malik. Film tersebut merupakan salah satu film yang berorientasi komersial dalam jangka panjang yang diproduksi oleh perusahaan tersebut yang dimulai dengan Sedap Malam pada 1950. Film hitam-putih tersebut disutradarai oleh Rempo Urip berdasarkan pada sebuah permainan latar yang dibuat oleh Saleh Iskandar Rais. Urip didukung oleh Syahril Gani, yang bertugas sebagai asisten sutradara dan asisten penyunting.

Film tersebut dibintangi oleh MS Priyadi, Ermina Zaenah, Abdul Hadi, dan Djauhari Effendi. Mereka didukung oleh Aminah Hardy, Bus Bustami, Roos Itjang, dan Yaya Hitayati. Supir Istimewa adalah debut film fitur dari Priyadi dan Hitayati; Priyadi kemudian tampil dalam sembilan film untuk Persari, yang diakhiri dengan Dewi pada 1957, sementara Hidayati melanjutkan akting untuk perusahaan tersebut sampai Rindu Damai pada 1955.
 PERSARI

ERMINA ZAENAH
A. HADI
DJAUHARI EFFENDI
M.S. PRIYADI
YAYA HITAYATI
ROOS ITJANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar