Selasa, 25 Januari 2011

BANGKIT DARI KUBUR / 1988

BANGKIT DARI KUBUR


Distje (Yanthi Natalia) mau melahirkan. Ia diantar suaminya ke rumah sakit. Di tengah jalan, mereka dihadang Yance (Roy Raymond). Yance membunuh suami-istri dan anak yang lahir di perjalanan. Seorang gadis yang melihat peristiwa itu berhasil lari. Ketika dilaporkan pada boss mereka, Darta (Yan Bastian), maka pencarian dilakukan dan akhirnya berhasil dibunuh juga. Sejak peristiwa itu anak buah Darta kedapatan mati secara misterius. Anak bungsu Darta, Leila (Leila Monica) sering kesurupan. Pernah hendak membakar ayahnya sendiri, dan sekali membunuh salah seorang anak buahnya. 

Akhirnya mereka minta bantuan dukun. Sang dukun lalu mengajak ke gudang yang pernah dipakai untuk membunuh gadis saksi. Di situ terjadi pertempuran dengan arwah Distje dan suaminya, hingga semua terbunuh. Lalu polisi datang menjemput mayat-mayat itu. Hanya Leila yang selamat, karena dia tak ikut dalam komplotan ayahnya.
P.T. INEM FILM

TISNA S. BRATA
YAN BASTIAN
ROY RAYMOND
YANTHI NATALIA
NINA SOEPANDI
YETTY SYARIFAH
LEILA MONICA
YETTY HERLAMBANG
LEILA MONICA
BAMBANG HERLAMBANG
SUYATIMAN K
BAY SUNTARA

Distje (Yanthi Natalia) sedang hamil tua dan akan segera lahir. Ketika suaminya ingin menelepon rumah sakit, Anda dapat melihat bagaimana kabel telepon terputus. Suami istri tersebut mengambil mobil dan ingin pergi ke rumah sakit. Namun mereka dikejar oleh sekelompok preman di bawah pimpinan Yance (Roy Raymond). Yance membunuh pria itu dengan tembakan di kepala dan kemudian wanita dengan bayinya yang baru lahir dalam pengejaran itu dibakar hidup-hidup di dalam mobil. Seorang gadis muda secara tidak sengaja mengamati kejahatan tersebut, tetapi juga terlihat oleh para pembunuhnya. Dia bisa melarikan diri pada awalnya. Seperti yang dilaporkan oleh Yance, ayahnya, Darta (Yan Bastian), dia memerintahkan untuk membunuh saksi tersebut. Di gudang tua, gadis itu dibunuh secara brutal. Namun pasangan yang meninggal itu bangkit dari kubur untuk membalas dendam. Putri Darta, Leila (Leila Monica), dirasuki roh. Di bawah pengaruh hantu dia membunuh seorang pelayan dan membasahi ayahnya dengan bensin dan mencoba membakarnya. Keluarganya tidak tahu apa-apa lagi dan meminta bantuan dukun. Setelah beberapa kali berusaha mengusir hantu, dukun itu mengirim Darta ke gudang tua tempat saksi muda itu dibunuh. Darta pergi dengan seluruh gengnya di sana dan itu sampai pada pertikaian dengan hantu yang hanya Leila bertahan sebagai satu-satunya.

Dan pembantaian di gudang tua ini sungguh luar biasa. Film 20 menit terakhir adalah tontonan yang unik. Zombie, hantu, orang kelelawar, kerangka, monster dengan leher loooong (mirip seperti di Evil Dead 2), monster tentakel dan banyak lagi muncul dan itu mengerikan juga. Kepala dipotong atau ditiup, tenggorokan ditusuk, lengan dan kaki dipotong, penembakan berdarah, penusukan dan banyak lagi. Ya, saya tahu ini terdengar sangat bagus dan itu mungkin salah satu film indo paling ekstrim dan terbaik yang pernah saya lihat sampai sekarang.
Sayangnya, ada dua hal yang tidak boleh dilakukan. Untuk yang pertama tentu saja pemotongannya sekitar 10 menit, tetapi yang jauh lebih buruk adalah kualitas VCD Malaysia yang buruk. Kualitas gambarnya sangat buruk sehingga film tersebut terkadang terlihat hampir hitam putih dan pada pertempuran terakhir di gudang, beberapa kali menjadi sangat gelap sehingga orang harus menebak apa yang terjadi. Ini terlihat sebagai salinan vhs keempat. Anda dapat melihatnya kali ini juga di tangkapan layar. Sulit untuk membuat beberapa yang masuk akal. Sayang sekali film yang sangat menghibur dan juga sangat langka ini hanya ada dalam versi yang sangat buruk.
Tapi saya khawatir ini juga tidak akan berubah lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar