Senin, 07 Februari 2011

KRAKATAU / 1977

KRAKATAU


Somad (Dicky Zulkarnaen), dan Biang Terona (Rd. Mochtar) diutus guru silatnya dari Perguruan Krakatau, untuk mencari murid pembangkang perguruan, Bodin (WD Mochtar), ayah Somad sebenarnya. Bodin ini berhasil menikahi istri tuan tanah dan merebut kekayaannya. Dia menjadi zalim. Lebih-lebih anak mereka, Tirta (Awang Darmawan), yang berhasil menggeser kedudukan Surya (Muni Cader), sebagai pewaris kekayaan. Surya adalah anak ibu Tirta dengan suami terdahulu. Akhirnya Bodin kalah ditangan Biang Terona, dan Somad mengakui bahwa Bodin itu ayahnya. Film usai dengan meletusnya Gunung Krakatau.





Ada film tentang sebelum dan setelah meletusnya gunung itu, film itu berjudul Krakatoa yang dibuat oleh BBC. INilah perbedaan produksi yang memiliki uang banyak dan tidak. Tentu film yang menggunakan uang banyak, dan tehnik kamera dan efek yang bagus bisa menciptakan film kehancuran ini.




Krakatoa: The Last Days adalah sebuah film dokumener BBC (British Broadcasting Corporation) yang disutradarai oleh Sam Miller dan film dibuat berdasarkan catatan saksi mata pada letusan Krakatau pada tahun 1883. Tentu saja mengambil sudutt pandang keberadaan orang Asing saat periode itu yang berada orang Inggris dan Belanda dan sejumlah China dan peranakan Cina, sisanya adalah jawa totok atau Sunda.

Seperti biasanya BBC selalu membuat doku drama, karena belum adanya media photo dan film saat itu, hanya berupa lukisan saja. Maka untuk menggambarkan kehancuran saat dulu, hanya sebuah cerita mulut ke mulut, surat menyurat termasuk surat kabar dan juga lukisan/gambar. Dah hal itu di telusuri dan mengambil cerita tentang kehidupan orang asing di jawa saat kolonial, dan dampak dari letusannya itu di buat drama yang bagus sekali, bagaimana orang-orang selamat dari letusan gunung itu dan tsunami. Perjuangan hidup di tampilkan dalam film ini, tentu dengan tata efek, suara dan dana yang banyak.

Film dokumenter ini mengisahkan salah satu bencana alam yang amat berbahaya dan bisa membunuh banyak manusia. Letusan ini adalah yang terkuat dalam sejarah (setelah Tambora 68 tahun sebelum itu-1883), meletus dan menghancurkan lebih dari 18 kilometer dan kurang daripada 48 jam serta membunuh 36,500 jiwa.

Pemeran utama Rogier Diederik Marius Verbeek (diperankan oleh oleh Kevin McMonagle), seorang geolog Belanda yang telah mengkaji kawasan itu dua tahun sebelumnya dan meletakkan dasar bagi vulkanologi modern dengan pengkajiannya setelah letusan, menambahkan sentuhan sains dan peta yang berguna untuk CGI yang secara menyakinkan menggambarkan awan, keruntuhan gunung, aliran piroklastik dan ombak tsunami.








































Tidak ada komentar:

Poskan Komentar