Jumat, 02 September 2011

Cas Oorthuys, Charles Breijer and Lex de Herder

Cas Oorthuys dan Charles Breijer


Sudah saling kenal sejak 1937. Pada saat itu, Oorthuys sudah bekerja sebagai fotografer untuk beberapa waktu, dan menjadi anggota komunis yang bersandar 'Vereeniging van Arbeidersfotografen' (Masyarakat Fotografer Tenaga Kerja). Pada 1936 Oorthuys mulai bekerja sebagai fotografer laporan dengan penerbit De Arbeiderspers, tempat Breijer menjadi koleganya. Kemudian, selama tahun terakhir perang, Oorthuys dan Breijer adalah anggota kelompok ilegal yang berbasis di Amsterdam 'De Ondergedoken Camera' (The Hidden Camera).

Karena Oorthuys dan Breijer sama-sama menaruh minat tulus pada rakyat Indonesia dan perjuangan mereka, mereka memotret dari sudut pandang Belanda maupun dari sudut pandang Indonesia, dan tentang Belanda serta wilayah Republik. Akibatnya, foto-foto mereka menunjukkan kesenjangan yang tidak dapat dijembatani antara pengejaran Partai Republik terhadap kebebasan dan paternalisme Belanda.

Foto-foto yang dibuat oleh wajib militer muda Lex de Herder kurang menonjol secara politis. Mereka adalah bermacam-macam fotografi perang, snapshot dari highlight kehidupan tentara dan fotografi wisata.

Dari Januari hingga Maret 1947, Oorthuys melakukan perjalanan ke Indonesia dengan ditugaskan oleh ABC-Press dan Contact House penerbit. Dalam perjalanannya melalui Jawa dan Kalimantan ia ditemani oleh pendidik Albert de la Court, yang menulis teks.


Pada tahun 1949, Lex de Herder dikirim ke Indonesia sebagai wajib militer. Dia ditempatkan di Surabaja (Jawa Timur) di mana dari 15 Februari hingga 15 Juli 1950 dia adalah penyiar radio pada program untuk pasukan Belanda di Radio Republik Indonesia Serikat. Berkat diploma dari Nederlandse Vereniging van Fotojournalisten (Dutch Society of Photo Journalists), diperoleh pada tahun 1948, ia juga bekerja sebagai fotografer untuk Dienst Legercontacten (Layanan Kontak Angkatan Darat) dari tahun 1949 hingga 1950 dan mengajarkan fotografi kepada para prajurit.

Negatif dari arsipnya serta tiga album foto memberikan kesan kehidupan sehari-hari tentara Belanda di pulau Jawa. Album-album itu adalah aneka ragam fotografi perang, snapshot sorotan dari kehidupan militer, fotografi wisata, dan item dokumenter seperti kwitansi untuk minuman yang dikonsumsi. Foto-foto menunjukkan kesamaan terutama dengan laporan foto Breijers 'Een dag uit het leven van soldaat Jan de Wit' (Hari dari Kehidupan Pribadi Jan de Wit). Lex de Herder mengirim negatif dari pengalamannya pulang, di mana ayahnya mencetaknya dan memasukkannya ke dalam album. De Herder tinggal di Indonesia hingga 1950.

Setelah perang, Lex de Herder melakukan kontak dengan fotografer pers melalui pekerjaannya. Lingkungan kerja yang menginspirasi ini membuatnya memutuskan untuk menjadi fotografer pers sendiri. Dia melamar pekerjaan di E.A. (Erik) Hof's Centraal Foto Persbureau (Kantor Foto Sentral), dan pada 11 Mei 1948 lulus ujian di Nederlandse Vereniging van Fotojournalisten (Masyarakat Belanda untuk Jurnalis Foto).

Awal tahun 1949, Lex de Herder dikirim ke Indonesia sebagai wajib militer. Dia ditempatkan di Surabaja (Jawa Timur) di mana dari 15 Februari hingga 15 Juli 1950 dia adalah penyiar radio pada program untuk pasukan Belanda di Radio Republik Indonesia Serikat dan mengajar fotografi kepada para prajurit.

Setelah pemulangannya, ia tidak kembali ke Centraal Foto Persbureau, tetapi mulai bekerja untuk kantor foto Johan Klaver di Rotterdam. Selama enam belas tahun ia bekerja di sana sebagai periklanan dan fotografer korporat, sampai ia diminta bekerja untuk surat kabar harian Rotterdams Nieuwsblad pada tahun 1967. Di sana ia memberikan foto itu untuk kolom mingguan Ton Schuurmans 'Ter Plaatse' (Di Lokasi). Pada 1 September 1969, Lex de Herder diangkat menjadi editor foto surat kabar itu dan kemudian membuat lebih sedikit fotonya sendiri.

Pada tahun 1989 ia memasuki masa pensiun dini. Karena ia adalah fotografer kota Rotterdam, bagian dari arsipnya yang mendokumentasikan kota dan penduduknya dianggap termasuk dalam Arsip Kota Rotterdam. Arsip yang tersisa dipindahkan ke nfa. Ini berisi antara lain foto alam dan laporan perjalanan tahunannya ke Paris.

Charles Breijer melihat fotografi dan film sebagai sarana jurnalistik. Dia tidak tertarik pada 'gambar yang bagus' tetapi lebih pada transfer informasi. Namun demikian, fotonya jelas menunjukkan pengaruh Fotografi Baru. Film Rusia dan karya Joris Ivens adalah sumber inspirasi penting bagi bahasa gambar Breijer.

Pada tahun 1937, Breijer memulai karirnya sebagai seorang fotografer profesional di rumah penerbitan De Arbeiderspers. Dia membuat, antara lain, laporan foto untuk Wij. Ons werk leven, jurnal dengan desain modern, dengan banyak ruang untuk fotografi dan photomontages. Di De Arbeiderspers, Breijer berteman dengan Cas Oorthuys, yang mendorongnya untuk bereksperimen dan mengajarinya banyak.

Segera setelah invasi Jerman, pers menjadi sasaran sensor ketat. Fotografer dipaksa untuk menjadi anggota Verbond van Nederlandsche Journalisten (Persatuan Wartawan Belanda), yang diawasi oleh Biro Fotopers (Kantor Pers Foto). Breijer memang mendaftar untuk dapat terus bekerja sebagai fotografer dan sebagai front untuk kegiatan bawah tanahnya. Sudah di tahun-tahun awal pendudukan, ia menggunakan kartu pers untuk menangkap aspek kehidupan sehari-hari yang tidak dapat diterima oleh penjajah. Dia adalah salah satu dari sedikit orang, misalnya, yang memotret penutupan Perempatan Yahudi di Amsterdam. Pada tahun 1944 ia bertemu Fritz Kahlenberg dan terlibat dengan De Ondergedoken Camera (The Hidden Camera), sekelompok fotografer di Amsterdam yang memotret tahun terakhir pendudukan. Dia membuat tidak kurang dari 260 foto, sebagian dari sadel sepeda tempat dia menyembunyikan kameranya. Dibandingkan dengan foto-foto oleh anggota lain dari De Ondergedoken Camera, gambar ilegal Charles Breijer adalah penting terutama karena mereka menunjukkan berbagai aspek perlawanan bersenjata.

Pada tahun 1947, Breijer pergi ke Indonesia sebagai calon kameramen dan tetap tinggal sampai tahun 1953. Setelah kembali ke Belanda, Breijer berfokus terutama pada pembuatan film dan tidak lagi sibuk dengan fotografi.

Jaap Zindler filmt in een kampong op Bali twee inheemse meisjes, werkend met een weefgetouw, Indonesië (1947)
Film Jaap Zindler di kampung halaman di Bali twee inheemse meisjes, werkend meet een weefgetouw, Indonesia (1947)

Pim Ingelse regisseert met Charles Breijer als cameraman een film van een Balinees, die in een tempelomgeving zit te citeren uit een langwerpig boek van palmbladeren, Indonesië (1947)

Detailopname van een meisje, werkend aan een weefgetouw in een kampong op Bali vanwege een filmopname, gemaakt door Jaap Zindler, Indonesië (1947)
Tampilan dekat seorang gadis, sedang mengerjakan alat tenun di sebuah kampung di Bali karena pengambilan gambar film, dibuat oleh Jaap Zindler, Indonesia (1947) Foto: Charles Breijer
  Een meisje werkt in een kampong op Bali aan een...Een meisje werkt in een kampong op Bali aan een...Een meisje werkt in een kampong op Bali aan een...Jaap Zindler filmt Barongdans; Nederlandse...Twee meisjes zitten in een kampong op Bali aan...
Filmploeg met Bob Salzman als geluidsman en Jan v.d. Kolk als cameraman aan het werk tijdens een opnamedag op Bali, Indonesië (1947)
Tambahkan teks
Jaap Zindler filmt in een kampong op Bali twee inheemse meisjes, werkend met een weefgetouw, Indonesië (1947)
Awak film dengan Bob Salzman sebagai sound engineer dan Jan v.d. Kolk bekerja sebagai juru kamera selama hari rekaman di Bali, Indonesia (1947)

Jaap Zindler filmt vice-admiraal Pinke, terwijl hij een toespraak houdt vanaf een podium, Indonesië (z.j.)
Film Jaap Zindler, Wakil Laksamana Pinke memberikan pidato dari podium, Indonesia (n.)


Pim Ingelse mengarahkan dengan Charles Breijer sebagai juru kamera sebuah film ...
Pim Ingelse regisseert met Charles Breijer als cameraman een film van een Balinees, die in een tempelomgeving zit te citeren uit een langwerpig boek van palmbladeren, Indonesië (1947)
Potret Charles Breijer dengan kamera film, Indonesia (n.d.)

Portret van Charles Breijer met een filmcamera, Indonesië (z.j.)
Portret van Charles Breijer met een filmcamera, Indonesië (z.j.)
Portret van Charles Breijer met een filmcamera, Indonesië (z.j.)

Ton Schilling dengan Charles Breijer sebagai sinematografer selama pembuatan film, ...

Ton Schilling met Charles Breijer als cameraman tijdens filmopnames, Indonesië (1948)

Ton Schilling, ± 1948 [lembar kontak]

Schilling bekerja di RVD dan bersama dengan CB membuat film "Soldier over sea"
Wim de Vries sedang mengerjakan lokasi rekaman suara di atas piring kaca di bawah pengawasan Charles Breijer dengan kamera film di tangannya, Indonesia (nd.)
Wim de Vries werkt op locatie aan een geluidsopname op glasplaten onder toeziend oog van Charles Breijer met een filmcamera in zijn hand, Indonesië (z.j.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar