Sabtu, 20 Agustus 2011

WANG DU LU

WANG DU LU

Wang Du Lu (1909-1977), nama pena dari Wang Bao Siang, lahir dalam sebuah keluarga Manchuria di Beijing. Dia merupakan seorang penulis Cerita Silat China yang terkenal sejak tahun 1930-an. Hampir semua karyanya mengambil tema utama seputar cinta dan tragedi. Ia dikenal sebagai salah satu dari empat orang pendiri “Penulis-penulis Cerita Silat dari Utara”, sehingga ia telah banyak mempengaruhi penulis-penulis di masa setelahnya.

Wang Du Lu menulis lebih dari 30 buah novel cerita silat secara keseluruhan. Yang paling terkenal, dari kesemua novel-novelnya tersebut, adalah lima buah novel berseri yang secara bersama-sama dikenal dengan sebutan Crane – Iron Pentalogy. Film “Crouching Tiger, Hidden Dragon” yang sangat terkenal dibuat berdasarkan buku yang ke-4 dari 5 buku Crane – Iron Pentalogy tersebut.

Wang Du Lu juga terkenal dengan karya-karya cerita silatnya yang “membumi”, cerita-cerita silatnya selalu didasarkan kepada kenyataan. Tokoh-tokoh dalam karyanya digambarkan sebagai manusia biasa, yang bisa merasa lapar, sakit flu, dan kehabisan uang dan bekal. Tidak seperti tokoh-tokoh dalam novel Jin Yong, Liang Yu Sheng, Gu Long, dan yang lainnya, tokoh dalam novel karya Wang Du Lu memiliki ilmu yang terbatas. Tokoh yang bisa ilmu menotok jalan darah jumlahnya sangat sedikit dan sudah dapat dikatakan yang paling hebat. Bahkan dalam salah satu karyanya (Zi Feng Biao), pendekar yang bisa melempar piau sudah yang paling hebat. Ilmu tenaga dalam dalam karya Wang Du Lu digambarkan hanya dapat digunakan untuk melompat sampai ke atap rumah, bahkan seringkali diceritakan dalam novelnya sang tokoh melompat hanya sampai ujung atap, bergelantung, baru kemudian naik dan merambat sampai ke atas atap. Adegan dalam film “Crouching Tiger, Hidden Dragon” di mana sang tokoh Li Mu Bai mampu berdiri tegak di ranting pohon bambu yang tipis dan berayun-ayun tidak bakalan dan memang tidak ada dalam cerita aslinya.

Kemenarikan karya-karya Wang Du Lu terdapat dalam kekuatan alur ceritanya, memanfaatkan suasana konflik sosial dalam masyarakat, yang berlatarbelakangkan keadaan masyarakat China di bagian akhir jaman dinasti Qing.

Crane – Iron Pentalogy secara lengkap terdiri dari:

No.ThnPin YinHokkianInggrisIndonesia
1.1938He Jing Kun LunHo Keng Kun LunCrane Frightens KunlunHoo Menggentarkan Kun Lun
2. Bao Jian Jin ChaiPo Kiam Kim CeePrecious Sword, Gold HairpinPedang Mustika dan Tusuk Kundai Emas
3. Jian Qi Zhu GuangKiam Kie Cu KongSword Force, Pearl ShinePedang Berkelebatan dan Mutiara Berkilauan
4.1941Wo Hu Cang LongGo Houw Cong LiongCrouching Tiger, Hidden DragonHarimau Mendekam dan Naga Bersembunyi
5. Tie Qi Yin PingTiat Kie Gin PanIron Knight, Silver VasePendekar Besi, Pot (Kembang) Perak

Karya lainnya : Sepasang Pedang naga, Gelang baja Harimau Putih, Pisau Pusaka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar