Senin, 20 Juni 2011

F.E.S. TARIGAN 1972-1991




Nominasi Best Cinematography FFI'87
    •    F.E.S. Tarigan - Cintaku di Rumah Susun
Nominasi Best Cinematography FFI'90
    •    F.E.S. Tarigan - Cas Cis Cus (Sonata di Tengah Kota)
Best Cinematography FFI'92 1992 F.E.S. Tarigan - Plong (Naik Daun)

Lahir Rabu, 10 September 1941, di Kabanjahe, Sumatra Utara. Pendidikan All Union Institute Of Cinematografi, USSR (Rusia,1970). Setamat dari Rusia, penggemar fotografi sejak SMP ini langsung dapat kepercayaan jadi juru kamera dalam Tanah Gersang (1971) produksi PT Avisarti Film. Hasil pelajaran 6 tahun di Rusia dan pengalamannya sebagai juru kamera kemudian di tularkan ke mahasiswa IKJ. Pada tahun 1988 dan 1989 duduk sebagai anggota komite seleksi pada FFI.

Namanya sendiri FES. Tarigan.MA , dulu saya kira itu Title sekolah semacam ekonomi atau apalah, tetapi ketika dia menjelaskan itu adalah Master of Art dari Moskow itu. Pernah ketemu dia bahkan pernah shootying bareng untuk sinetron di Antv waktu tahun 1995. Awalnya saya tidak tahu siapa kameraman kita ini, yang saya tahu hanyalah dia seorang kameraman lama. Jadi agak segan dikit,.

Karena semua crewnya adalah orang muda, maka dia bilang senang juga bekerja dengan anak muda yang agresif sekali. Bahkan dia senang sekali. Saat saya satu mobil bersama dia dalam jemputan, kita ngobrol di mobil, dari situ saya tahu kalau dia jadi kameramannya film hampir semua filmnya Ateng, dan dia juga yang buat film Jaka Sembung. Saya terus terang langsung salaman sama dia dan bilang, saya pengagum anda kalau begitu. Saya tidak sangka saya sekarang sedang bekerja dengan orang yang saya kagumi. Saat itu saya banyak tanya dengan dia, dan mulailah dia sebagai sumber pantauan saya, hampir semua gerak geriknya saya perhatikan. Juga dalam hal tata lampunya. Kita membuat sinetron dengan kamera video, tetapi dia tetap menggunakan Lightmeter untuk mengukjur lampu-lampunya. Agak sedikit lama memang dia menata lampunya, tetapi dia sangat menata sekali. Bahkan cutteran lampunya banyak sekali sehingga satu lampu membutuhkan cutteran 5 hingga lebih. Mulai menggunakan filter, cuter-cuter, hingga cutter yang menurut saya itu adalah efek. Dia memakai kawat jeruji untuk menghaluskan lampunya. Memang terasa akal-akalan, tetapi saya tahu maksudnya. Walaupun mungkin sudah tersedia alat itu bagi shooting, tapi dia tetap membuatnya sendiri dengan sederhana.

Selain itu juga dia menggunakan stocking atau kain hitam yang ada bordiran bolong-bolongnya untuk ditaruhkan di depan lensa. Ini fungsinya untuk filter diffuser, katanya waktu dulu jarang ada filter itu sehingga dia mengakalinya. Saya pernah coba di kamera foto 35mm, hasilnya memang diffuser. Dan ternyata bisa buat skintone sesuai dengan stoking warna yang komplit bila di cocokan dengan skintone pemain kita. Tetapi untuk mengumpulkan warna-warna skin tone stoking, cukup kewalahan juga mencarinya. TEtapi bila tersedia akan luar biasa sekali bila di telatkan di depan lensa. Yang saya ingat adalah dia bilang cameraman harus jago menari, karena sangat berguna bila ada gerak kamera, pan atau till, atau dolly track. Dan juga berkaitan dengan mendengarkan musik. Sampai sekarang ini saya menggunakan metode itu juga. Dia sangat profesional sekali, saya bingung, kenapa orang dulu sangat paham sekali A-B-C-D-nya saat shoting. Dia masih butuh test camera, dan test semuanya sesuai dengan apa yang saya dapat di bangku kuliah tentang A-B-C-D-nya. Dan itu dia lakukan sampai saat itu. Kadang kita sudah melupakan itu, padahal kalau di pikir sangat fatal sekali bila itu terjadi. Hal sekecil apapun harus di perhatikan, kadang yang kecil ini suka di remehkan, tetapi akan mengacaukan semuannya.

PENANGKAL ILMU TELUH1979S.A. KARIM Director Of Photography
SUNDEL BOLONG1981SISWORO GAUTAMA Director Of Photography
BING SLAMET KOBOI CENGENG1974NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
DOSA SIAPA1972SUSILO SWD Director Of Photography
MARABUNTA1973SISWORO GAUTAMA Director Of Photography
PERKAWINAN NYI BLORONG1983SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
INEM PELAYAN SEXY1976NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
SANGKURIANG1982SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
RATU PANTAI SELATAN1980ACKYL ANWARI Director Of Photography
ATENG MATA KERANJANG1975ASRUL SANI Director Of Photography
ATENG KAYA MENDADAK1975PITRAJAYA BURNAMA Director Of Photography
ATENG MINTA KAWIN1974NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
ATENG RAJA PENYAMUN1974PITRAJAYA BURNAMA Director Of Photography
PENGABDI SETAN1980SISWORO GAUTAMA Director Of Photography
JAKA SEMBUNG SANG PENAKLUK1981SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
SAYANG SAYANGKU SAYANG1978BAY ISBAHI Director Of Photography
PERJANJIAN DI MALAM KERAMAT1991SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
CINTAKU DI RUMAH SUSUN1987NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
SI DOEL ANAK MODERN1977SJUMAN DJAYA Director Of Photography
NAPSU SERAKAH1977BAY ISBAHI Director Of Photography
PLONG1991PUTU WIJAYA Director Of Photography
SRIGALA1981SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
BAWANG PUTIH1974F. SUTRISNO Director Of Photography
KEMELUT HIDUP1977ASRUL SANI Director Of Photography
BONEKA DARI INDIANA1990NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
KIPAS-KIPAS CARI ANGIN1989NYA ABBAS AKUP Director Of Photography
DALAM SINAR MATANYA1972PITRAJAYA BURNAMA Director Of Photography
CAS CIS CUS1989PUTU WIJAYA Director Of Photography
NYI AGENG RATU PEMIKAT1983SISWORO GAUTAMA Director Of Photography
NYI BLORONG1982SISWORO GAUTAMA PUTRA Director Of Photography
TIGA SEKAWAN1975CHAERUL UMAM Director Of Photography
TUYUL PEREMPUAN1979BAY ISBAHI Director Of Photography
TUYUL1978BAY ISBAHI Director Of Photography
CHRISTINA1977I.M. CHANDRA ADI Director Of Photography.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar