Senin, 20 Juni 2011

CINTA BIRU / 1977

CINTA BIRU

Directors JASSO WINARTO
Director Of Photography HASAN BASRI JAFAR

Lahir Minggu, 23 Agustus 1942 di Sragen, Solo. Pendidikan : Fak. Ekonomi Universitas Gajah Mada, lulus sebagai sarjana pada tahun 1968.Penulis cerita pendek, novel dan esei ini, memulai langkahnya ke dunia film lewat film "Jembatan Merah" (1973). Kemudian dia memainkan peranan pembantu dalam "Dewi" (1974). Sedang dalam film "Pinangan" (1977) dia bertindak sebagai asisten sutradara. Filmnya yang pertama sebagai sutradara adalah "Bandot" (1978).




CINTA BIRU

Film ini dilarang tayang. Akhirnya film Bandot Tua boleh ditayangkan dengan sebagian besar cerita dipotong dan diganti judulnya menjadi Cinta BIru (1977)

Pada dasarnya film ini bicara dengan bahasa karikatur. Kejadiannya pada sebuah rumah besar. Bandot (Sudewo) adalah pria gagah pensiunan jendral, tapi tingkahnya tidak mencerminkan seorang tokoh yang patut diteladani. Ia memiliki simpanan, peragawati gagal. Konflik muncul tatkala sang peragawati itu dijadikan model oleh pelukis Prabowo (Sardono W. Kusumo). Prabowo dihabisi anak buah Bandot. Prayoga (Ikranagara), saudara Prabowo, berusaha menuntut balas. Dengan nekat, Prayoga melempar granat terhadap Bandot.

Film yang tertahan di Badan Sensor Film beberapa tahun ini, sempat dua kali berganti judul. Mula-mula "Bandot Tua", judul yang dipakai dalam surat izin produksi, kemudian "Bandot". Bisa lolos sensor setelah mengalami pemotongan yang nyaris "menghabisi" inti film itu. Film pertama dan terakhir Jasso Winarto.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar