Sabtu, 12 Maret 2011

SISA FEODAL / 1977


SISA FEODAL

Di suatu kota kecil, hidup Raden Mas Reso Menggolo (Maruli Sitompul), bekas amtenar, yang juga punya perkebunan coklat peninggalan seorang Belanda. Di rumah itu tinggal pula anaknya, Kartini (Nani Widjaja) dan menantunya, Siswanto (Suroto), seorang pegawai dinas pengawasan Gunung Merapi. Siswanto dijadikan menantu, karena ayahnya berhasil menyembuhkan istri Reso saat sakit keras. Ikut pula tinggal di rumah itu, tiga pembantu dan lima juru rawat yang kost.

Siswanto yang dari keluarga biasa tak merasa cocok dengan keluarga istrinya yang feodal. Siswanto ini pegawai rendah, tapi jujur dan sangat disiplin, hingga jam berangkat kantornya jadi patokan tetangganya. Dengan latar belakang semacam ini, pembantu Paijah (Merry Madjid) hamil. Maka pergunjingan para juru rawat yang mondok di situ terjadi. Apalagi Paijah diantar Siswanto memeriksakan diri ke rumah sakit tempat para juru rawat tadi bekerja. Buang (Subur Suryadi) dan Elsa (Kardjo AC-DC), berusaha mencari tahu dari Paijah. Paijah tetap bungkam. Begitu juga ketika kabar ini sampai ke Kartini. Kartini alias Den Ayu Sis, tak tahan. Paijah diusir, dan ia pergi ke KUA minta cerai. Ia curiga suaminya yang tak disukainya, yang menghamili Paijah. Permintaannya ditolak. Sedang Siswanto mencari Paijah dan menyuruhnya datang untuk berterus terang. Sidang keluarga dibuka minus Reso Menggolo, yang sedang memeriksa kebunnya bersama cucunya, Ivone (Ivonne Susan). Paijah tetap bungkam, sampai Reso datang dan minta agar persiapan nikah cepat dilakukan. Ia mengaku menghamili Paijah.

Film ini maunya seperti berteka-teki, tapi cara penyelesaiannya sangat diulur-ulur. Pelawak Suroto sama sekali tak melawak, tapi kawannya Kardjo AC-DC dan Subur Suryadi yang mau dijadikan unsur lucu tak punya kesempatan.

1 komentar:

  1. untuk bisa dapatkan filem ini caranya bagaimana???? trims

    BalasHapus