Selasa, 08 Februari 2011

The TENG CHUN

The TENG CHUN

The Teng Chun adalah seorang sutradara dan fotograferIndonesia di era tahun 1930an. Film-filmnya banyak dimainkan oleh aktor dan aktris terkenal pada waktu itu antara lain Moh Mochtar, Hadidjah, Lo Tjin Nio, dan Bissu.

Orang tua the Theng Chun adalah Kim Le ia menjadi importir film Tiongkok. The Theng Chun di Sanghai untuk memilih film untuh ayahnya. Dan juga menyampaikan usul ini dan itu pada ayahnya untuk di beli. Bahkan Chun bisa memberikan usulan untuk membuat film.

Kim Le sendiri adalah cina totok yang bermukim di Batavia, sebagi pengexport bahan hasil bumi ke Eropa. Usahanya maju hingga bisa menyekolahkan Theng Chung ke Amerika. Usahan Kim Le Ambruk akibat hancurnya ekonomi Eropa sehabis PD 1. Lalu Chung mengusulkan ayaknya menjadi importir film cina, kenapa? Chun sudah akrab dengan film karena selama belajar di San Fransisco, Chung dan teman-temannya sering main-main ke Los Angels tertarik menyaksikan orang bikin film. Pada mulanya the Kim Le keberatan berdagang film karena sebagai padagang besar hasil bumi merasa kurang layak berdagang film. Tapi tidak ada jalan lain. Chun sendiri lalu meninggalkan sekolahnya dan menetap di Shanghai./ Disamping menjadi pemilih film, mengusulkan ini itu untuk produser, ia juga ikut-ikutan dalam pembuatan. Dengan itu ia menguasai seluk beluk pembuatan film-film cerita klasik See You, kisah-kisah siluman, sembilan dari sepuluh produksinya dibuat berdasarkan gagasan Theng Chun.


1 komentar:

  1. pengen tau film yang berjudul pat bie to

    BalasHapus