Jumat, 04 Februari 2011

TANAH SABRANG / LAND ACROSS SEA, THE LAND AAN DE OVERKANT, HET/ 1938

LAND ACROSS SEA, THE
LAND AAN DE OVERKANT, HET

Tanah Sabrang. Land aan de overkant. Landbouwkolonisatie en wayang in een film van Mannus Franken



Film propaganda berjudul Tanah Sabrang. Film hitam-putih dengan tokoh punakawan dalam pewayangan dan menggunakan bahasa Jawa itu digarap oleh sineas Belanda, Mannus Franken (1899–1953).

Propaganda Film mendukung untuk mendorong emigrasi dari bagian-bagian padat penduduk Hindia Belanda.

Tanah Sabrang ... mendukung untuk mendorong penduduk Jawa, yang ingin menjadi kelebihan penduduk, untuk beremigrasi ke orang kaya, dekat Sumatra Selatan. Alur cerita menyandingkan seorang pekerja Jawa yang sangat besar, ditemani oleh istri dan anak-anak, melawan Jawa yang agak ragu-ragu yang, berkat bantuan rekan-rekan pemukimnya, masih berhasil menemukan pijakannya di daerah baru. Sutradara Mannus Frankenlakukan agar film ini sebagai 'memperjelas rencana kolonisasi pemerintah untuk Jawa'.

FULL MOVIE

Migrasi populer ke ekstrem
Itu adalah pemutaran perdana terbesar. Di Taman Deca di Batavia, di hadapan gubernur jenderal dan banyak pejabat lainnya, film "Tanah Sabrang", "Tanah di sisi lain", diputar pada 31 Januari 1939. Namun sebelum lampu padam, pidato pertama kali diberikan oleh bangsawan (anggota Dewan Hindia) J.H.B. Kuneman, anggota Komisi Sentral untuk Emigrasi dan Kolonisasi Adat:

"Pada tahun 1850, populasi Jawa memiliki sekitar 11 juta jiwa, sekitar 34 juta pada 1920, hampir 41 juta pada 1930 dan sekarang diperkirakan 45 juta. Jadi dalam 130 tahun terakhir, populasi ini meningkat sepuluh kali lipat. Telah dihitung di Kantor Pusat Statistik bahwa tanpa emigrasi dan dengan surplus kelahiran satu setengah dekade terakhir, penduduk Jawa akan memiliki 116 juta jiwa pada tahun 2000 (perkiraan ini ternyata cukup akurat: pada tahun 2000 Jawa 121 juta penduduk, saat ini sekitar 150 juta - JP). '

Kuneman melanjutkan: 'Namun, jika 80.000 keluarga, masing-masing terdiri dari ayah, ibu dan tidak lebih dari satu anak, beremigrasi setiap tahun, populasi Jawa akan berjumlah 74 juta pada tahun 2000, sementara dengan emigrasi tahunan 120.000 keluarga dari hanya kata komposisi, Jawa akan dihuni pada tahun 2000 oleh 57 juta jiwa atau - tercatat - kurang dari setengah jumlah, dihitung jika migrasi akan gagal. Betapapun hipotetis argumen ini, satu kepastian adalah, menurut pendapat Komisi kami, diperoleh secara tak terbantahkan, yaitu ini: bahwa tanpa emigrasi dan kolonisasi dalam skala besar, tahun-ke-tahun, masalah populasi Jawa tidak akan dapat diselesaikan dalam waktu dekat. akan terbukti. "

Karena itu, "masalah populasi" adalah motifnya. Sementara itu menjadi jelas bahwa orang Jawa tidak dapat selamat dari krisis ekonomi seperti pada awal 1930-an, jika tekanan penduduk setempat terlalu besar. Populasinya kelaparan. Sejauh mana asupan lahan yang baik untuk tanaman komersial seperti tembakau, karet dan gula telah memainkan peran yang merugikan tidak dibahas. Lidah jahat mengklaim bahwa pemerintah mengintensifkan kebijakan migrasi untuk menghilangkan tekanan politik. Bagaimanapun, itu terutama daerah-daerah paling miskin, berpenduduk padat di Jawa Tengah dan Timur di mana nasionalisme muncul.

Pilihan
Jadi, jika kita dapat mempercayai Kuneman, itu 5 menit sebelum 12, meskipun Komisi telah bekerja keras untuk solusi selama satu dekade. Wilayah dicari, baik di Jawa dan Madura, dan di ekstrem. Namun, opsi pertama terbukti semakin sulit dalam praktiknya, sehingga semakin banyak waktu dan uang dicadangkan di pemukiman baru di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Film yang akan ditayangkan hari ini memiliki tujuan propaganda terutama: akan ditampilkan di seluruh Desa di Jawa untuk membujuk penduduk setempat untuk pindah. Sesungguhnya, tugas yang sulit.

Kuneman: "Orang Jawa konservatif; dia stabil di loteng dan sering lebih suka - terutama selama dan segera setelah panen ketika dia tidak lagi hampir di ambang kekurangan - di desanya sendiri di atas kesejahteraan relatif di negara-negara yang tidak dikenal melalui laut. Kesulitan yang analog dan bahkan lebih besar muncul dengan orang Madura. Jelas bahwa keadaan pikiran ini hanya dapat berubah melalui perilaku propaganda intensif. (...) Pekerjaan seleksi yang sulit dilakukan di Jawa dan Madura, karena hanya petani yang baik, yang telah menunjukkan memiliki kualitas yang diperlukan untuk mencari nafkah, hanya yang kuat secara fisik dan yang muda, dan kemudian masih dalam jumlah kecil. Sebagai sebuah keluarga, pengalaman menunjukkan bahwa mereka memenuhi syarat untuk pembentukan koloni pertanian, sementara hanya mereka yang memberikan jaminan yang cukup untuk pembentukan pusat kolonisasi yang sehat di dalam negeri dengan daya tarik bagi mereka yang tertinggal di Jawa. Jadi seleksi yang ketat sangat diperlukan. "

Ini mungkin terdengar agak menggurui, tetapi itu adalah kenyataan mentah, kenyataan yang bisa dicerminkan oleh prosedur seleksi yang sama untuk penduduk polder baru di tanah air. Di sana, pengalaman pertama dikenal dengan pilihan untuk penduduk Wieringermeer (1932), dan penyesuaian dibahas untuk orang-orang dari Noordoostpolder (1940). Keberhasilan commissioning lahan baru tergantung pada pemilihan pengguna.

Propaganda
Bagaimana propaganda dilakukan? Di permukiman baru, kartu pos dibagikan sehingga pemukim baru dapat menulis di rumah dan menceritakan kemungkinan; Jawa digunakan untuk mendistribusikan poster, buku sekolah, dan piring sekolah; setiap tahun, sekelompok pemukim dari pemukiman baru diundang untuk datang ke Jawa dan Madura atas biaya pemerintah untuk membuat propaganda di kalangan Tani; Pejabat pemerintah Eropa dan Home diundang, dan akhirnya juga jurnalis Pribumi dan anggota Dewan Rakyat, untuk datang dan melihat area kolonisasi baru.

Kuneman melanjutkan: "Sekarang komite telah beralih ke salah satu alat propaganda yang paling kuat abad ini: film. Dan pada hari ini beberapa bagian penting dari film kolonisasi "Tanah Sabrang" yang dimaksudkan untuk propaganda di kalangan orang Jawa akan diperlihatkan kepada Anda. Film ini telah diperlihatkan sejak awal Desember, dengan alat-alat proyeksi yang dipasang mobil di beberapa tempat tinggal di Jawa, ke tempat-tempat yang paling terpencil di masyarakat. "

Berharap
Kemudian - setelah alasan lain untuk tempo film yang agak lambat, 'sangat sesuai untuk desaman sederhana di Jawa' - Kuneman mengucapkan terima kasih kepada, antara lain, sutradara Mannus Franken, fotografer dan juru kamera Batavia Jan van der Kolk, dan penulis skenario, Tuan Jonkers, pejabat Inspektorat Pertanian Departemen Administrasi Internal. "Tidak kurang berterima kasih kepada Komisi Bupati Magelang, R.A.A. Danoesoegondo, atas adaptasinya yang tak tertandingi dari bagian musikal film ini. "

Kata-kata penutup Kunemans: 'Pada 1936, hanya dari Jawa, lebih dari 13 ribu jiwa beremigrasi ke Tanah Sabrang, pada 1937 hampir 20 ribu jiwa, pada 1938 sekitar 33 ribu jiwa, sedangkan pada 1939 totalnya akan antara 40 dan 50 ribu, Haar tujuannya adalah sementara: 100 ribu emigran per tahun ke Tanah Sabrang untuk membebaskan sebagian Jawa dari kepadatannya dan untuk mempromosikan kesejahteraan Daerah Luar Biasa! Semoga film ini berkontribusi besar untuk mencapai tujuan ini. "

Saat semua orang telah menunggu ada di sana.

Migrasi ke pinggiran
Propaganda
Bagaimana propaganda dilakukan? Kartu pos dibagikan di permukiman baru sehingga para pemukim yang baru ditemukan dapat "menulis rumah" dan menceritakan kemungkinannya; di Jawa, digunakan distribusi poster, buku sekolah dan poster sekolah; setiap tahun sekelompok pemukim dari pemukiman baru diundang atas biaya pemerintah ke Jawa dan Madura untuk membuat propaganda di antara Tanis; Pejabat pemerintah Eropa dan Pribumi diundang, dan akhirnya juga jurnalis Pribumi dan anggota Volksraad, untuk melihat situs-situs kolonisasi baru.
 
Kuneman melanjutkan: "Sekarang panitia telah beralih ke salah satu alat propaganda paling kuat abad ini: film. Dan pada hari ini beberapa bagian penting dari film penjajahan "Tanah Sabrang", khususnya yang ditujukan untuk dakwah masyarakat Jawa, akan ditampilkan kepada Anda. Film ini sudah diputar ke masyarakat sejak awal Desember, melalui proyektor yang dipasang di mobil di beberapa tempat tinggal di Jawa, hingga pelosok terpencil. "
 
Berharap
Kemudian - setelah alasan lain untuk film yang agak lambat, 'sangat cocok untuk desaman sederhana di Jawa' - Kuneman menyampaikan ucapan terima kasih, antara lain kepada sutradara Mannus Franken, fotografer dan juru kamera Bataviasche Jan van der Kolk, dan penulis skenario, Bapak Jonkers, petugas Inspektorat Pertanian di Departemen Dalam Negeri. “KPU tidak kalah berterima kasih kepada Bupati Magelang, R.A.A. Danoesoegondo, untuk adaptasi tak tertandingi dari bagian musik film ini. "
 
Kata Kunemans menyimpulkan: 'Pada tahun 1936, lebih dari 13 ribu jiwa beremigrasi dari Jawa saja ke Tanah Sabrang, pada tahun 1937 hampir 20 ribu jiwa, pada tahun 1938 sekitar 33 ribu jiwa, sedangkan pada tahun 1939 jumlahnya antara 40 dan 50 ribu, Haar Tujuannya bersifat sementara: 100 ribu emigran setahun ke Tanah Sabrang untuk sebagian membebaskan Jawa dari kelebihan penduduknya dan untuk mempromosikan kemakmuran Daerah Terluar! Semoga film ini memberikan kontribusi besar untuk mencapai tujuan ini. "
 
Saat yang ditunggu-tunggu semua orang ada di sana. Tirai dibuka dan cahaya redup. Filmnya bisa dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar