Sabtu, 05 Februari 2011

SENDJA DI DJAKARTA / 1967

Adaptasi dari novel berjudul sama.


 
Senja di Jakarta pertama kali terbit tahun 1970, semula judulnya Yang Terinjak dan Melawan yang ditulisnya ketika Mochtar Lubis masih berstatus tahanan rumah. Ketika pertama kali novel ini di terbitkan di London 1963, hasil terjemahan oleh Claire Holt, judulnya di ganti Twilight in Jakarta. Terus penerbit di Malaysia menerbitkan dengan judul Sendja di Djakarta. Barulah 1970 di terbitkan dalam bahasa Indonesia Senja di Jakarta. Novel ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa, Italia, Spanyol, dan Korea, Jepang, dan Inggris pastinya.

Cerita globalnya seputar gambaran yang terjdai pada masyarakat ibu kota Jakarta, termasuk para pejabat pemerintah dan politikus pada pertengahan tahun 50'an. Merajalela korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, kebobrokan moral dan penyelewengan telah meyebabkan kemiskinan. Keadaan ekonomi yang parah mencekik rakyat, dan di tambah suhu politik yang panas menambah penderitaan rakyat.

Untuk di Indonesia, justru masyarakatnya mengenal cerita ini melalui film dari pada novelnya.
Rahadi Ismail, Rita Zahara, Nico Pelamonia, Mila Karmila, Farouk afero, Tina Melinda, Ratno Timoer. Main dalam film ini.

P.T. TUTI MUTIA FILM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar