Rabu, 23 Februari 2011

Selamat Tinggal Suzanna!

TEMPO Interaktif, Jakarta:Kabar duka menyelimuti blantika film Indonesia. Bintang film horor Suzanna meninggal dunia pada Rabu (15/10) malam akibat sakit diabetes di Rumah Sakit Harapan Magelang.

Suzanna Martha Frederika van Osch lahir di Bogor, Jawa Barat, pada 14 Oktober 1942. Bungsu dari lima bersaudara ini memiliki darah Jerman-Belanda-Jawa-Manado. Suzanna mengawali karier di dunia peran lewat film "Darah dan Doa" yang disutradari Usmar Ismail pada 1950. Setelah itu, Suzanna kembali bekerja sama dengan Usmar Ismail lewat film "Asmara Dara" pada 1958.

Lewat film 'Asmara Dara', Suzanna meraih penghargaan The Best Child Actress di Festival Film Asia 1960 di Tokyo. Suzanna juga menyabet gelar Aktris Terpopuler se-Asia di Festival Film Asia Pasifik di Seoul pada 1972.

Namun, nama Suzanna mulai mencuat di blantika perfilman Indonesia lewat film horor seperti Beranak dalam Kubur, Sundel Bolong dan lain-lain. Tidak jarang bintang-bintang film muda yang tampil dalam film horor meminta saran dari Suzanna. Di antaranya Cut Memey ketika hendak membintangi 'Film Horor'.

Suzanna pernah menikah dengan Dicky Suprapto yang juga lawan mainnya di film Beranak dalam Kubur. Setelah cerai dengan Dicky, Suzanna menikah dengan aktor Clift Sangra pada 1983. Suzanna juga memiliki seorang putri bernama Kiki Maria yang mengikuti jejak ibunya.

Meski harus bekerja di Jakarta, Suzanna lebih senang tinggal di Magelang. Setelah absen dari dunia peran, Suzanna bersama Clift Sangra hidup seperti orang biasa dengan berkebun dan bercocok tanam.

Suzanna sempat diisukan meninggal dunia karena jarang tampil di media massa. Ia pun pernah dikabarkan koma dua kali yaitu pada Februari 2006 dan Juni-Juli 2006.

Namun, Suzanna tampil kembali dalam film berjudul Hantu Ambulance. Film itu dirilis pada 21 Februari 2008. Berbeda dengan film-film sebelumnya, pada film ini Suzanna tidak berperan sebagai hantu. Suzanna pada film ini berperan sebagai nenek dari tokoh protagonis yang mengalami teror dari makhluk halus.

Menurut produser Indika Entertainment yang memproduksi 'Hantu Ambulance', Shanker, Suzanna telah mencapai semua yang ia inginkan sebagai seorang aktris.

Suzanna dimakamkan di Pemakaman Giriloyo, Magelang, Kamis (16/10). Selamat tinggal Suzanna!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar