Jumat, 11 Februari 2011

PAH WONGSO PENDEKAR BOEDIMAN / 1940

PAH WONGSO PENDEKAR BOEDIMAN

Sedangkan Pah Wongso Pendekar Boediman adalah film roman detektif modern pertama di Indonesia. Dengan memasang pemain L.V.Wijnhamer Jr Indo Belanda yang terkenal dengan nama samaran "Pah", diharapkan bisa menarik penonton kelas atas. Karena film Amerika tentang ditektif sangat populer saat itu yang dimainkan Carlie Chan dan Mr.Motto. Dalam film Pah Wongso, ini ada kejanakan dan action yang digarap cukup serius dengan mendatangkan ahli tinju, gulat dan Silat dari Indonesia yang sudah punya pengalaman bertanding di luar negeri. Film ini juga dapat beredar di Singapura dan Malaysia, dan juga peredarannya ke China. Karena orang China sendiri pingin melihat Pah Wongso yang sudah banyak berjasa buat masyarakat China.

Barja jatuh cinta pada Siti, anak sang paman, Haji Hartawan. Karena cinta tak berbalas, timbul dendam di hati Barja. Pak Haji dibunuh dan Barja lalu menguasai hartanya. Meski begitu Siti tak terbujuk. Karena frustrasi, Barja malah terjerumus ke perjudian dan akhirnya jadi kepala penjahat. Kemudian, LV Wijnhamer Jr,alias Pah Wongso unjuk kebolehan. Ia menyelidiki dan berhasil membongkar kejahatan serta menggulung komplotan Barja.

Film ini Sukses besar, melihat ceritanya dan filmnya yang bagus yaitu Roman Detektif modern, banyak orang hanya ingin melihat sosok Pah Wongso saja.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar