Minggu, 06 Februari 2011

OSTIAN MOGALANA 1963-1978



Lahir di sungai penuh pada tanggal 2 mei 1924, Di Jambi.

Beliau adalah seorang yang memiliki minat yang cukup luas dalam bidang seni, menurut yang saya dengar dan tahu, beliau dapat memainkan beberapa alat musik, dan juga pandai sekali dalam hal bernyanyi, terbukti beliau selalu memberikan ilmu bernyanyinya kepada ke- tiga orang anak perempuannya.


Hingga saat ini pun jika berkumpu bersama keluarga besar, 3 orang anak perempuannya itu selalu menjadi andalan dalam bidang menyanyi, bisa dibilang buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.


Bakatnya dalam bidang seni pun, secara alamiah menurun kepada seluruh anak cucunya, percaya atau tidak hampir seluruh anak cucunya memiliki bakat bakat seni seperti dalam hal menari, bernyanyi, bahkan bermain alat musik.

Beliau juga merupakan contoh yang baik bagi anak cucunya, walaupun saya tidak pernah bertemu dengan beliau, mendengar mengenai beliau dari almarhum ayah saya sunggu membuat saya kagum. Banyak hal positif yang dapat saya ambil darinya.

Mungkin hanya akan menjadi harapan saja untuk saya agar dapat bertemu beliau kini, namun walaupun hanya harapan saya sangat menginginkan agar saya dapat berbincang dengan beliau secara langsung, karena percaya atau tidak bertemu dengan kakek saya ini menjadi salah satu dambaan saya, walaupun dalam mimpi pun.

Sekedar penambahan, pendidikan formal yang pernah di ikuti beliau :

    •    Sutung Middle School di medan
    •    Yohnson Radio Engineering for Art and Painting di Singapura

Dimasa sekolah Ostian aktif di bidang musik (sebagai peniup terompet) dan drama. Bekerja di perfilman sejak tahun 1954 sebagai dekorator dan manager studio di Garuda Film Studio. Kemudian tahun 1959 ia meningkat menjadi anggota direksi. Mulai tahun 1970-an ia menjadi sutradara dalam beberapa film.

BUKIT PERAWAN1976OSTIAN MOGALANA
Director
PENDEKAR KELELAWAR 1978 OSTIAN MOGALANA
Director
CINTAKU TERGADAI 1977 OSTIAN MOGALANA
Director
DASAR REZEKI 1974 OSTIAN MOGALANA
Director
MISTERY 8 PENDEKAR 1977 OSTIAN MOGALANA
Director
GENERASI BARU 1963 AHMADI HAMID
Director
TANGAN BESI 1972 OSTIAN MOGALANA
Director

Tidak ada komentar:

Posting Komentar