Minggu, 27 Februari 2011

MISTRI HARTA KARUN / 1989

MISTRI HARTA KARUN


Asih (Sally Marcelina), Sinta (Melissa Saila), Ganda (Faizal Hussein), Agus (Darsa Warsana Putra) dan Iwan (Dolly Martin), nekad memasuki wilayah hutan angker di kaki Gunung Batu yang ditakuti penduduk setempat. Mereka hendak menyelidiki sebuah batu bertulis atau prasasti, sesuai tugas mahasiswa sejarah. Mereka lari dari rumah dukun tempat mereka menginap, karena hendak dibunuh oleh dukun yang dikuasai siluman penguasa pulau itu. Dalam perjalanan Asih jatuh ke jurang dan tiba-tiba berada di sebuah gua milik raja Siluman Air yang aneh dan menyaksikan sekelompok orang membawa tubuhnya yang terkulai. Ia mengikuti kelompok itu dan bertemu Puti (Tiffany) yang meminta Asih membantunya mengambil cambuk api Siluman Air. Puti bercerita siapa dirinya. Maka film kembali beratus tahun kemudian pada zaman Mataram. 
 
Ayah Puti yang serakah lupa memberi tumbal pada Siluman Air, hingga Puti dijadikan sandera. Ayahnya mati dibunuh penduduk setempat yang dikejami. Mayat dan hartanya disimpan dalam dua peti di dekat batu prasasti. Arwahnya gentayangan terus. Agar bisa mati sempurna, cambuk api milik Siluman Air bisa membantu. Asih berhasil mengambil cambuk, tapi Puti mati. Di bagian lain, Agus dan Iwan menemukan harta karun dan saling membunuh. Keduanya binasa. Sedangkan Sinta dan Ganda sibuk mencari Asih yang diperkirakan jatuh di sungai dasar jurang. Gadis itu ditemukan. Puti lalu melecutkan cambuk apinya hingga gua runtuh.
 
Asih (Sally Marcelina), Sinta (Melissa Saila), Dual (Faizal Hussein), Agus (Darsa Warsana Putra) dan Ivan (Dolly Martin) adalah mahasiswa sejarah dan ingin menjelajahi di pulau terpencil sebuah batu bertuliskan aneh. Segera setelah mereka tiba, mereka diundang ke dalam gubuk seorang lelaki tua. Laki-laki merupakan dukun yang didominasi oleh penguasa pulau. Itu memerintahkan dia untuk membunuh pemuda itu. Tapi mereka bisa kabur. Kemudian dukun tersebut dibunuh dengan belati ajaibnya sendiri. Saat melakukan perjalanan melalui hutan Asih jatuh dari tebing ke sungai. Dia terbangun lagi di dalam gua. Dia melihat prosesi yang aneh berlalu. Sekelompok wanita dengan obor membawa seorang gadis. Salah satu gadis ini membantu Asih. Namanya Puti (Tiffany). Dia menunjukkan Asih kengerian lemari besi bawah tanah. Penguasa adalah sejenis monster reptil. Puti menceritakan kisahnya dan meminta Asih membantunya mencuri cambuk api ajaib. Bertahun-tahun lalu, ayah Puti adalah seorang tiran rakus yang penduduknya ditindas dengan kejam. Suatu hari dia menculik seorang gadis muda untuk diperkosa. Ketika temannya ingin membebaskan gadis itu, dia ditangkap dan dipukuli secara brutal. Tetapi ini adalah kesempatan untuk pemberontakan penduduk desa. Ayah Putis dibakar hidup-hidup dan mengubur jenazah serta emasnya di sebuah gua dekat batu bertuliskan.

Cambuk api mungkin jiwanya diselamatkan. Pencurian senjata ajaib dimungkinkan tetapi Puti terbunuh. Sedangkan Sinta, Dual, Agus dan Ivan telah menemukan batu tersebut. Agus dan Ivan menyerbu ke dalam gua dan menemukan emas serta kerangka ayah Puti. Karena emas Agus dan Ivan saling adu mulut. Orang yang selamat dibunuh oleh kerangka yang dibangkitkan. Asih menghancurkan kerangka dengan cambuk api dan kemudian menghancurkan pintu masuk gua.

Hebat. Perpaduan liar antara petualangan, aksi, dan horor. Sampah yang sangat menghibur dengan FX murah, pemenggalan kepala, tubuh terbakar, banyak aksi, monster kerangka dan monster reptil lucu itu sendiri. Pemeran utama yang harus dilihat adalah Sally Marcelina yang cantik yang membintangi sejumlah film bergenre antara lain di PUTRI KUNTI'ANAK, TIGA GADIS PILIHAN, TAMU TENGAH MALAM, ROH, MISTERI JANDA KEMBANG, RANJANG PEMIKAT, KEMBALINYA SI JANDA KEMBANG dll. beberapa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar