Jumat, 04 Februari 2011

MELATI DIBALIK TERALI / 1961

MELATI DIBALIK TERALI

Ina (Chitra Dewi) ditinggal kekasihnya yang pergi berjuang. Ia lalu kawin dengan orang lain, tapi perkawinan ini tak berlangsung lama karena suaminya meninggal dalam suatu kecelakaan. Kemudian ia berkenalan dengan Hari (Rasyid Subadi), yang mengaku pengusaha, tapi sebenarnya penjahat buronan polisi. Ina terbujuk dan kawin dengan Hari, yang ternyata menghabiskan harta Ina untuk membiayai gerombolannya. Ina masih juga belum sadar. Ia bahkan meminjam uang dan perhiasan dari teman-temannya untuk memajukan usaha Hari yang tengah mundur.

Hari yang berhasil mencapai maksudnya dan merasa terancam, karena incaran polisi, lalu kabur. Ina baru sadar bahwa ia tertipu dan harus mempertanggungjawabkan pinjamannya dan masuk penjara. Di penjara ia jumpa lagi dengan Hari. Ternyata Hari digunakan polisi untuk membongkar kejahatan kawan-kawannya. Hal ini dilakukan untuk meringankan hukumannya dan menebus dosa terhadap istrinya yang tak bersalah.

Rubiathin Widjaya adalah bekas Kepala Penjara Wanita Semarang. Kisah dibuat berdasar kejadian sebenarnya dari salah seorang tahanan wanita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar