Sabtu, 05 Februari 2011

MATT DOWER / 1969

MATT DOWER

Matt Dower (S. Bagio), yang dianggap agak kurang waras oleh penduduk setempat, merasa prihatin dengan kemelaratan desanya akibat pemerasan Nukulom. Pada saat bersamaan, Matt Geledek (S. Bagio) yang punya banyak anak buah dan menyerahkan kekuasaannya pada Munafik (Mansjur Sjah), baru keluar penjara. Dalam perjalanan mencari Nukulom, Matt Dower sampai ke sarang Matt Geledek. Ia disambut gembira, kecuali oleh Munafik. Istri Matt Geledek (Rahayu Effendi) bahkan merayunya. Matt Dower mengubah seluruh kebiasaan para bandit itu. Pabrik arak dijadikan pabrik kecap, pabrik uang kertas palsu disuruh mencetak buku, tempat pelacuran jadi tempat khotbah dll. Munafik berhasil membuang Matt Dower, tapi tidak lama kemudian Matt Dower kembali lagi. Sekali lagi Matt Dower dikalahkan oleh Munafik dengan guna-guna. Pada saat itulah, Matt Geledek pulang. Ia telah berubah. Maka Munafik dihancurkan108 menit. Dibintangi S. Bagio, Rahayu Effendi, Mansjur Sjah, Hassan Sanusi, Maya Sopha. (Bahasa Indonesia tanpa subtitel)

Film ini mencoba sukses Tiga Buronan dengan sentuhan komedi, ternyata film ini penuh muatan dengan ide, walaupun banyak yang bilang tidak se asyik Tiga Buronan. Tetapi Film ini kurang komersil di pasaran.

Gambar diambil dengan film berwarna, tapi dicetak dalam warna hitam-putih.

NEWS
SUMBER : PURNAMA, 7 Maret 1971
MAT DOWER DITJABUT DARI PEREDARAN Djakarta, (Purnama)

Film hasil garapan ke –II ex DPFN “Matt Dower” akan ditjabut dari peredaran, dan selandjutnya dibekukan – demikian diperoleh keterangan dari kalangan Giprodfin. Langkah ini diambil setelah melihat kenjataan bahwa selama masih peredarannja, didaerah “Matt Dower” sangat mengetjewakan. Alasan lain jang disebutkan antaranja adalah bahwa “Matt Dower” dichawatirkan bahkan dpt memerosotkan appresiasi masjarakat penonton jang baru bangkit kembali dengan film2 nasional lainnja, karena thema tjerita jang tidak realistis. “Matt Dower” dibintangi oleh Rahaju Effendy dan S. Bagjo, dengan sutradara Nja Abbas Acup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar