Rabu, 09 Februari 2011

LUKISAN BERLUMUR DARAH / 1988

LUKISAN BERLUMUR DARAH


Film ini cukup bagus, sebagai film trailer, tentang pembunuhan yang kita tidak tahu apa yang pernah terjadi pada sebuah rumah yang baru kita huni. Dengan harta peninggalan.

Dua penjahat merampok rumah Diarsi (Yurike Prastica). Suaminya dibunuh. Pembantunya, Yunan (Piet Pagau) terluka, tapi Diarsi berhasil membunuh dua perampok itu dan entah kenapa tak lapor polisi dan memilih menguburkan mayatnya diam-diam di bawah pohon beringin depan rumah dan kamar mandinya. Agus (Dharma Harun), guru SMA dan istrinya, Hanna (Tiara Jaquelina) membeli rumah tua terbengkalai yang agaknya ditinggalkan pemiliknya dari seorang makelar. Malam hari beringin di depan rumah itu tercerabut dan tampak tulang belulang manusia. Polisi mencari pemilik rumah sebelumnya yang tak diketahui tempat tinggalnya lagi. Hanna jatuh cinta pada lukisan wanita yang rusak pada saat peristiwa perampokan, dan memperbaikinya. Hanna jadi sering mimpi seperti melihat peristiwa yang terjadi di rumah itu. Agus juga sering diganggu mimpi tapi kemudian hilang berkat dia bersembahyang sesuai petunjuk ulama. Hanna yang tak bersembahyang sering kerasukan roh Diarsi, yang dalam mimpi Hanna ketahuan dibunuh oleh Yunan. Tampaknya Yunan dan Diarsi lalu berumah tangga. Roh Diarsi ini ingin membalas dendam. Maka sekali waktu Hanna tanpa sadar membunuh murid Agus. Luka di dada murid itu membuat Agus kaget, karena tepat seperti dalam mimpinya. Puncaknya Hanna tanpa sadar akan membunuh Agus. Untung Yunan yang selama ini hanya mengintip-intip saja, datang dan melerai. Ia tahu roh Diarsi merasuki Hanna. Dengan mengalungkan tasbih ke leher Hanna, roh Diarsi pergi. Yunan dianiaya. Atas petunjuk ulama yang bergegas datang, lukisan dibakar oleh Hanna. Roh menghilang.
 

Dua penjahat merampok rumah Diarsi (Yurike Prastica). Suaminya dibunuh. Pelayannya, Yunan (Piet Pagau) terluka sementara Diarsi berhasil membunuh kedua penjahat tersebut. Karena alasan yang tidak jelas, dia memutuskan untuk tidak melapor ke polisi dan malah mengubur mayat secara diam-diam di bawah pohon beringin di depan rumah dan kamar mandi. Agus (Dharma Harun) seorang guru SMA dan istrinya Hanna (Tiara Jaquelina) membeli rumah tua tanpa pengawasan, yang tampaknya telah ditinggalkan pemiliknya, dari seorang calo. Suatu malam, pohon beringin di depan rumah tumbang, memperlihatkan kerangka manusia. Polisi mencoba menemukan pemilik rumah sebelumnya, tetapi mereka tidak dapat menemukan jejak apapun. Hanna jatuh cinta pada lukisan seorang wanita yang rusak saat perampokan. Dia kemudian memperbaiki lukisan itu. Hanna kemudian sering bermimpi seolah-olah sedang melihat kejadian yang terjadi di rumah tersebut. Agus juga terganggu oleh mimpi tetapi mimpi itu hilang setelah dia mengikuti nasihat seorang ulama dan mulai berdoa. Hanna, yang tidak memulai shalat juga, kemudian sering dirasuki oleh ruh Diarsi. Dalam mimpi Hanna, diketahui bahwa Darsi dibunuh oleh Yunan. Rupanya Yunan dan Darsi menikah setelah kejadian tersebut. Semangat Diarsi ingin membalas dendam. Sehingga suatu ketika Hanna secara tidak sadar membunuh salah satu murid Agus dengan pisau cukur. Luka di dada siswa itu mengejutkan Agus karena persis seperti yang dia lihat dalam mimpinya. Hanna membunuh pria lain dengan pisau. Puncaknya, Hanna secara tidak sadar hendak membunuh Agus. Beruntung Yunan yang selama ini hanya menonton, datang memisahkan mereka. Dia tahu bahwa roh Diarsi sedang merasuki Hanna. Saat kalung tasbih diletakkan di leher Hanna, arwah Diarsi pergi. Yunan kemudian disiksa. Mengikuti saran ulama yang datang secepatnya, Hanna membakar lukisan itu. Hantu itu menghilang.

Horor Indonesia dengan cara berbeda. Semacam cerita rumah berhantu tentang lukisan terkutuk. Tapi di sini juga berjalan lebih santai. Meskipun sebenarnya sebagian besar terjadi, film ini kehilangan spektakuler dan tidak biasa dari film-film indo lain dari tahun 80-an. Meskipun demikian, saya menemukan perubahan yang menyenangkan dari tema horor Indonesia yang biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar