Kamis, 24 Februari 2011

Jurus Kungfu Idris Sardi

Jum'at, 27 Februari 2009 | 12:37 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Bila mendengar kata kungfu, biasanya terbayang jurus-jurus ala Bruce Lee atau Jet Lee yang diperagakan dalam film-film yang dibintanginya. Namun, siapa sangka jika sang maestro violis, Idris Sardi, ternyata juga mahir memerankan jurus kungfu. Nah, lho!

"Saya kalau main biola selalu kungfu. Dari nada rendah ke nada tinggi, jarinya kudu lincah," kata musikus senior Indonesia di sela-sela peluncuran alat bantu dengar di Jakarta, Rabu lalu. Meski telah fasih menggesek biola, bagi sang maestro ini tidak ada kata henti dalam belajar dan mengasah kemampuan. Dia menuturkan setiap pukul lima pagi selalu memainkan biola dengan nada panjang. Pasalnya, pada jam-jam tersebut dia akan dapat mendengar nada dengan tepat.

"Ini didikan dari ayah saya. Musik itu kejam. Sumbang itu aib bagi pemusik. Makanya harus selalu belajar agar tampil bagus," ujar pria yang mengaku sering dijewer sang ayah jika melakukan kesalahan bermain biola. "Makanya sejak usia sembilan tahun telinga saya sudah rusak."

Meski sering mendapat jeweran dari sang ayah, dia tidak patah semangat. Bahkan dengan bangga dia menyebut biola sebagai kekasihnya. "Dia (biola) selalu saya peluk, saya raba, saya gesek, dan nyanyi di kuping saya," ujar pria kelahiran Jakarta, 7 Juni 1938, ini.

S. IKA SARI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar