Kamis, 03 Februari 2011

IMAM TANTOWI 1982-2009



Seperti Nya Abas Akub yang suka dengan film komedi, mungkin Imam Tantowi penyuka film laga, horor, dan petualangan yang dipadukan. Mungkin Imam Tantowi terlalu banyak baca komik atau buku-buku silat kopingho mungkin dulunya. Banyak penggemar film-filmnya di Indonesia dan bahkan juga di luar negeri. Sebahagian orang menyebutnya film Absurt, penuh dengan perkelahian, darah dan sex. Tidak apalah, namanya juga film.

Sutradara senior Indonesia ini lahir di Tegal, Jawa Tengah, 13 Agustus 1946. Berlatar belakang Pendidikan Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Solo (tidak selesai), sempat mengikuti pendidikan Elementery Cinematography (Biro Pendidikan Organisasi Karyawan Film Televisi).
 
Awal karirnya dimulai dalam lakon sandiwara, sebagai pemain dan sutradara Teater Pelajar Islam Indonesia cabang Tegal (1966-1969). Pernah bekerja sebagai pembuat poster film. Tahun 1971, pindah ke Jakarta dan mendapat kesempatan untuk terlibat dalam pembuatan film Biarkan Musim Berganti (1971), sebagai dekorator. Di tahun yang sama, ia menjadi pembantu penata artistik untuk produksi film Tjintaku Djauh di Pulau. Jabatan itu di pegangnya sampai tahun 1973. Setelah itu, ia memperoleh kesempatan memegang jabatan sebagai penata artistik penuh dalam film Si Rano (1973). Menjadi asisten sutradara dalam film Tukang Kawin (1977), penulis skenario untuk film Dang Ding Dong (1978), menjadi sutradara dalam film Pasukan Berani Mati (1982).

Masuk dalam nominasi pemenang FFI di Yogyakarta kategori Penulis Skenario terbaik dalam film garapannya Lebak Membara, dan kemudian ia juga mendapat nominasi kategori Cerita Asli untuk film Carok dalam FFI di Bandung. Berhasil menyabet Piala Citra kategori Penulis Cerita Asli terbaik dalam film Si Badung di FFI 1989, Jakarta. Film garapannya, Si Badung juga mendapat berbagai penghargaan kategori Film musikal terbaik dan Film anak-anak Terbaik. Kembali menyabet Piala Citra untuk Sutradara Terbaik dalam film Soerabaia 45 pada FFI 1991, disamping mendapat nominasi sebagai Penulis Skenario dan juga Penyunting Terbaik.

Mulai menulis cerita dan skenario untuk sinetron ketika dunia perfilman Indonesia mati suri, dan lagi-lagi dalam festival Sinetron dia pun sering masuk sebagai nominasi maupun sebagai pemenang. Berhasil menyabet Piala Vidya sebagai Penulis Cerita Asli terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia 1994 lewat sinetron Madu Racun Dan Anak Singkong, dan Penulis Cerita Asli terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia tahun 1995 lewat sinetron Jejak Sang Guru. Meraih penghargaan sebagai penulis skenario komedi dan meraih predikat terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia 1996 dalam Sinetron komedi Suami-Suami Takut Isteri. Melalui judul sinetron yang sama, ia juga mendapat penghargaan sebagai Penulis Cerita Asli Komedi Terbaik.

Di tahun 1996-1997, menyutradarai film layar lebar Fatahillah, bersama Chaerul Umam. Selain itu ia juga banyak menciptakan karya kolosal untuk layar lebar maupun sinetron antara lain, film Saur Sepuh (l - IV) dan sinetron Kaca Benggala.
 
Masih rajin menulis cerita dan scenario sampai sekarang. Karya terbarunya adalah Bang Jagur dan Maha Kasih, dengan sebuah episodenya yang fenomenal, Tukang Bubur Naik Haji” yang langsung menduduki rating pertama pada tayangan perdananya. Sementara tayangan ulangnya seminggu kemudian, menduduki rating ke-2. Sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai forum diskusi.

Wawancara Dengan Imam Tantowi
Beberapa minggu yang lalu saya dihubungi oleh Peter Tombs, seorang sutradara & penulis, yang sedang mencari bantuan dalam menerjemahkan wawancara dengan Imam Tantowi, salah satu direktur terkemuka Indonesia. Sebagian besar penonton film dan TV di Indonesia telah mendengar tentang Tantowi, tentu saja. Ia memiliki prestasi sebagai sutradara dan penulis. Jika Anda tidak tahu Pete Tombs, ia adalah penulis bersama (dengan Cathal Tohill) dari Immoral Tales: European Sex & Horror Movies 1956-1984 - Sejarah Film Seks & Horor Eropa, sebuah buku non-fiksi 1994 yang memenangkan Bram Stoker Award untuk Best Non-Fiction, dan Mondo Macabro - lihat sisi liar dari dunia perfilman. Tombs bersama-sama memiliki perusahaan produksi film, televisi dan DVD yang berbasis di Inggris, Boum Productions yang memproduksi serial TV Eurotika dan Mondo Macabro untuk Channel Four Television yang berbasis di Inggris. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang dia, Anda dapat membaca wawancara ini dengan Pete Tombs dan Andy Starke.

Naskah berikut menggambarkan isi wawancara antara Tombs dan Tantowi. Wawancara berlangsung (saya kira) selama syuting untuk serial TV 'Angling Dharma', yang masih berlangsung saat itu. Apa yang Anda baca di sini tidak berurutan secara kronologis. Saya membuat beberapa bagian yang mencakup ide-ide umum Tantowi yang disebutkan dalam wawancara.

Tentang Bagaimana Karirnya Dimulai Dan Bagaimana Kelanjutannya

Saya berasal dari teater, kemudian pada tahun 1971 saya menjadi dekorator. pada tahun 1973 menjadi sutradara seni dan sejak itu terlibat dalam pembuatan film. Ya, itu adalah ambisi saya. Saya sebenarnya ingin menjadi terkenal. Entah seorang seniman komik, seorang novelis, kuncinya adalah menjadi terkenal. Jadi saya bermain di teater, dan kebetulan saya punya teman di industri film yang kemudian meminta saya untuk bergabung.

Saya tidak punya rencana untuk menjadi penulis naskah. Itu setelah menjadi asisten sutradara, dan saat itu sutradara itu juga seorang penulis naskah dan ketika dia gagal menyelesaikan naskah dia meminta bantuan saya. ternyata dia puas dengan pekerjaan saya dan dia mendorong saya untuk mulai menulis. Jadi saya mulai menulis.

Film yang memengaruhi saya adalah 'Biarkan Musim Berganti', dan saya ingat sutradara itu adalah teman saya Motinggo Boesye, yang juga seorang novelis, dan dialah yang membawa saya masuk.

Anggaran sangat memengaruhi tulisan saya. Sebagai contoh, seorang sutradara baru sedang diuji oleh produser dengan proyek film, dan produser meminta saya untuk membuat skrip untuk film berbiaya rendah. Jadi saya membuatnya.

Pada tahun 1982, saya membuat film 'Pasukan Berani Mati' (Death Squad), sebuah epik tentang perjuangan Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan. Saya juga membuat 'Jaka Sembung & Bajing Ireng' (Jaka Sembung & Tupai Hitam). Saya memilih film semacam ini, karena sebagian besar sutradara baru pada waktu itu membuat film remaja atau komedi. Membuat film aksi berbeda dari saya.

Film yang saya buat? Sebenarnya film anak-anak adalah yang paling saya sukai, saya membuat naskah dan menyutradarai film "Si Badung", dan memenangkan penghargaan untuk cerita terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 1989. Saya mengarahkan 15 film sejauh ini. Saya tidak tahu bahwa ada film kami yang didistribusikan dan diputar di luar negeri. Hanya produsen yang tahu tentang ini. Jika saya ingat benar, 'Pasukan Berani Mati' juga didistribusikan ke luar negeri. Saya tidak tahu judulnya dalam bahasa Inggris. Itu tidak memenangkan penghargaan apa pun. Hanya 'Si Badung' dan 'Surabya 45' yang melakukannya. Saya memenangkan penghargaan sutradara terbaik untuk 'Surabaya 45', film yang saya buat pada tahun 1989.

Hari ini saya lebih suka menulis daripada mengarahkan. Saya sudah tua sekarang. Saya lelah. Ini hanya pelarian bagiku. Saya masih berharap untuk kebangkitan industri film Indonesia.

Hari ini? Saya membuat serial televisi berdasarkan legenda Angling Dharma. Sebenarnya, sebuah cerita fiksi. Untuk menambahkan beberapa bumbu, kami membuat beberapa karakter seni bela diri, para pahlawan menjadi seniman bela diri sendiri. Singkatnya, kami menyediakan bentrokan seniman bela diri, terbungkus dalam sebuah cerita berdasarkan legenda. Bahkan belum selesai hari ini, dan sekarang kita mencapai episode 70. Satu episode harus selesai dalam waktu satu minggu dalam pembuatan. Itu sebabnya kami memiliki sutradara untuk adegan drama, dan sutradara lain untuk mengurus adegan aksi.

(Tentang berapa lama kisah 'Angling Dharma' akan berlangsung) Sebenarnya cukup aneh. selama peringkatnya masih bagus - hari ini 'Angling Dharma' berada di tempat ke-3, dari ratusan lainnya - sehingga ceritanya akan diperpanjang selama mungkin, sampai peringkat turun. Ketika peringkat tidak lagi bagus, episode penutup dibuat. Itu dia.



Tentang Kemunduran Industri Film Indonesia
Ketika saya mulai bekerja di industri film, industri film Indonesia cukup bagus. Bioskop-bioskop bebas dari pengaruh Amerika. Itu adalah hal yang sangat baik, karena setiap daerah memiliki masing-masing pialang film, membuat harganya kompetitif. Namun kemudian muncul jaringan Amerika dan jaringan Studio 21, dan setiap wilayah tidak lagi memiliki daya tawar. Pembuatan film di Indonesia menjadi industri yang tidak menguntungkan. Mereka jaringan 'memiliki' teater, dan mereka menentukan harganya. Itulah yang terjadi pada 1990-an, sedangkan 1970-an dan 1980-an adalah periode yang baik.

Ada film-film Amerika di tahun 1970-an, tetapi itu adalah kompetisi yang bebas dan adil pada waktu itu, karena mereka belum memiliki jaringan teater. Setiap teater dimiliki oleh individu atau kelompok kecil. Ketika jaringan muncul, dan Studio 21 memerintah hampir semua bioskop, dari ibukota ke kota-kota kecil, mereka praktis memerintah distribusi film, Saat itulah industri film Indonesia menemui ajalnya.

Itu setelah munculnya jaringan film Amerika di Indonesia. Sebelum jaringan muncul, setiap bioskop memiliki distributor sendiri dan dapat dengan bebas menampilkan film Amerika, Eropa, atau Indonesia. Setelah itu, mereka yang tidak bergabung dengan jaringan tidak memiliki akses untuk membeli film Amerika dan secara otomatis mati karena produksi film Indonesia tidak menyediakan cukup film untuk mereka. Mereka yang tergabung dalam jaringan tersebut menolak untuk menayangkan film-film Indonesia, dengan alasan bahwa film-film itu berkualitas rendah dan alasan lainnya. Mereka juga membuat guild pemesan untuk mendikte harganya. Begitulah cara film Indonesia dihancurkan. Tidak ada yang mau membuat film yang tidak bisa mendatangkan keuntungan.

Mereka hanya memiliki jaringan teater, dan kami tidak punya.
Dengan perencanaan yang baik, industri film Indonesia masih bisa dihidupkan kembali. Perencanaan yang baik yang saya maksudkan adalah memastikan ada dikotomi antara film Indonesia dan televisi. Biarkan mereka yang sudah ada di televisi tetap di televisi, dan membangun yang baru untuk industri film. Biarkan bintang televisi tetap menjadi bintang televisi, dan buat bintang baru untuk film tersebut. Kita seharusnya tidak mencampuradukkan film dan televisi. Dengan begitu masih ada peluang bagi kebangkitan film Indonesia. Kalau tidak, tidak. Itu hanya akan menjadi mimpi. Sayangnya, itulah yang terjadi hari ini. Pekerja film pindah ke televisi, dan sebaliknya. Industri film Indonesia hancur, sehingga para pekerja film pindah ke televisi, yang tidak memiliki sumber daya manusia yang cukup pada waktu itu. Mereka yang membuat serial televisi, atau bioskop elektronik, pada awalnya adalah orang yang sama yang pernah bekerja di industri film, hanya karena mereka tidak punya pilihan, tidak ada pekerjaan, karena industri film Indonesia dihancurkan. Ini tidak akan membantu kebangkitan film nasional.

Saat itu penonton Indonesia ingin menonton film Indonesia, ya, meski tidak semua. Yang terbaik adalah membebaskan pasar, menjadikannya kompetisi yang adil, tidak ada monopoli. Kami hanya ingin kesempatan yang adil untuk bersaing. Itu saja.



Di Film Horor, Thriller & Aksi
Saya tidak suka film horor. Saya membuat film horor hanya untuk mengikuti pasar. Film-film Indonesia harus bertahan, dan cara termudah untuk ada di antara penonton film Indonesia - yang sebagian besar berasal dari masyarakat kelas menengah ke bawah - adalah mengikuti selera mereka: film horor & remaja.

Dalam “Ratu Ilmu Hitam” (Queen Of Black Magic) - saya adalah penulis naskah dan asisten sutradara - ide tersebut berasal dari praktik-praktik sihir hitam nyata yang masih ada di Indonesia. Nyata. Orang-orang - terutama di Jawa Timur - saat itu dan bahkan sampai hari ini mengeksekusi para praktisi ilmu hitam dengan membakar mereka hidup-hidup. Pesan saya dalam film adalah untuk mempertimbangkan kembali bahwa para korban mungkin bukan praktisi ilmu hitam yang sebenarnya. Karakter film menyarankan korban untuk melapor ke polisi, tetapi korban berpendapat bahwa tidak mungkin untuk membuktikan kejahatan, mematikan dan menyakitkan seperti itu. Karakter yang tidak bersalah dalam film tersebut dituduh melakukan praktik ilmu hitam, dan kemudian menjadi praktisi ilmu hitam yang sebenarnya. Itu ide yang umum. Ini film dengan misi. Ini adalah pengamatan tentang sihir hitam, karena memberikan pesan menentang hukuman tanpa hukum kepada praktisi sihir hitam.

Tentang Elemen, Ide, Dan Pesan Yang Berpengaruh Dalam Film Indonesia
Tidak banyak pengaruh dari tradisi Indonesia dalam industri filmnya. Namun, ketika membuat film seperti apa yang kami buat sekarang, kami biasanya mengambil tema dari cerita-cerita tradisional. 'Angling Darma' ini didasarkan pada cerita Ketoprak (drama tradisional Jawa). Setidaknya ada beberapa inovasi untuk ditampilkan kepada penonton teater tradisional, menunjukkan kepada mereka bahwa ini adalah versi film dari cerita tersebut.

Sebenarnya gaya film Indonesia (aksi) lebih dekat dengan gaya film Hong Kong daripada gaya film Amerika. Film aksi Hong Kong memiliki pengaruh besar terhadap film Indonesia. Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an ada banyak film seni bela diri Hong Kong didistribusikan di Indonesia, terutama yang diproduksi oleh Shaw Brothers, dan itu sangat mempengaruhi gaya film aksi Indonesia.

Ada beberapa pengaruh dari komik, tetapi sebagian besar sebagai referensi cerita dan ide. "Jaka Sembung" didasarkan pada buku komik yang sangat terkenal di akhir 1960-an. Sudah umum atau produser membuat film berdasarkan sesuatu yang terkenal. Itu saran saya untuk membuat film. Produser tertarik, saya membuat naskah, membuat film, dan diterima dengan sangat baik di antara penonton film Indonesia. Itu berdasarkan komik, ceritanya sudah tersedia, jadi saya selesai hanya dalam seminggu. Saya cukup menulis skrip. Kisahnya sudah ada.

(Adegan pertempuran di 'Jaka Sembung' di mana kepala dan anggota badan penjahat dipotong tetapi segera kembali melekat pada tubuh) awalnya berasal dari Ramayana versi bahasa Indonesia. Seorang pria yang memiliki teknik 'Rawarontek' dapat terbunuh, tetapi setiap kali menyentuh tanah ia akan hidup kembali. Dan orang-orang, terutama yang dari Banten, bahkan sampai hari ini masih percaya akan keberadaan teknik ini.

Film jenis ini sangat populer di Indonesia, mungkin karena cara berpikir sebagian besar orang kita masih sangat dipengaruhi oleh ide-ide mistis. Atau mungkin karena kita tidak punya banyak hal untuk dibanggakan, kecuali untuk karakter buku komik. Mereka mencari model yang hanya bisa ditemukan dalam cerita seperti ini; kuat, pahlawan yang tak terkalahkan. Itu seperti ini: secara historis kita dikalahkan oleh Belanda, jadi kita menciptakan karakter yang melawan dan bahkan menang melawan Belanda. Seperti Amerika yang kalah di Vietnam dan kemudian menciptakan Rambo; sesuatu seperti itu.


Gagasan anti-imperialisme film itu bukanlah yang membuatnya sukses. Kami adalah orang yang sangat pemaaf. Ini semacam permintaan maaf atas kekalahan kami, dengan mencoba menunjukkan bahwa kami telah melawan dan bahkan memenangkan beberapa pertempuran. Namun faktanya tetap bahwa kita dijajah oleh Belanda selama 350 tahun. Hanya untuk menunjukkan kepada generasi sekarang bahwa kita memang bertarung, tetapi kita dikalahkan.

Saya tidak benar-benar ingin Barry Prima berperan sebagai Jaka Sembung, karena dia terlihat lebih Eropa daripada Indonesia. Produserlah yang menginginkannya. Produser menggunakan popularitas Prima untuk meningkatkan film. Sebagai penulis, saya pikir dia bukan orang yang tepat untuk bagian itu. Sebenarnya keajaiban bahwa film itu berhasil di luar negeri. semua peralatan kami lebih rendah. Sangat primitif. Kami awalnya tidak punya rencana untuk menjual film ke luar negeri. Saya sangat terkejut mengetahui bahwa film ini dibuat di luar negeri. Memang sangat terkejut.

Film semacam itu, menurut saya, harus ditujukan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Masyarakat kelas atas kami terdiri dari orang-orang yang sangat ia benci dengan pekerjaan Indonesia. Segala sesuatu yang dibuat di Indonesia buruk bagi mereka. Mengapa saya harus membuat film untuk orang-orang seperti itu? Jadi saya membuat film untuk orang-orang kelas menengah dan rendah, yang jumlahnya jauh lebih besar. Saya pikir mereka hanya mengharapkan hiburan dari film. Mereka senang ketika dihibur oleh kisah-kisah heroik.

(Tentang gaya rambut panjang yang biasa ditemukan di film-film pendekar Indonesia) Kebiasaan khusus pria atau pertapa yang berkuasa secara mistis adalah menjaga rambut tetap panjang. Bagi sebagian dari mereka, rambut juga merupakan alat untuk mengukur kekalahan mereka; ketika rambut tidak dapat dipotong itu berarti pemiliknya tidak terkalahkan. Itu sebabnya mereka, tidak pernah memotong rambut mereka.

(Tentang peran yang kurang penting dalam film Indonesia) Saya tidak berpikir itu hanya di Indonesia. Sebagian besar dari kita masih berpegang pada pandangan patriarki, tetapi itu mulai berubah. mungkin suatu hari nanti Indonesia akan memiliki superhero wanita seperti rekan Amerika, Anda tahu, Wonder Woman. Tapi tidak sekarang, tapi ini sudah dimulai.

Gagasan untuk film 'Primitive', di mana saya menjadi asisten sutradara dan penulis, berasal dari film Amerika yang dibintangi Claudia Cardinale (pada saat saya membuat terjemahan, saya tidak dapat menempatkan nama belakang, tetapi saya menduga itu adalah Claudia Cardinale, salah satu bintang film ikonik Eropa dan yang paling serbaguna), tapi saya lupa judulnya.

Tidak ada pesan politik di film itu. Tidak ada pesan, hanya hiburan murni. Produser ingin membuat film murah yang dijual. Pesan tentang pentingnya pendidikan yang ditemukan dalam film itu hanyalah slogan, untuk membuat film tidak terlalu kosong. Kami mencoba memasukkan beberapa pesan, tetapi hanya itu.

Namun baru-baru ini, dengan latar zaman kuno, saya menggambarkan situasi dan masalah politik saat ini. Anda bisa melihatnya di "Angling Darma", "Tutur Tinular", dan banyak lainnya yang saya buat.

Jadi itu saja. Sebenarnya ada beberapa hal lain yang dikatakan tetapi tidak termasuk dalam teks di atas, hanya karena saya menemukan mereka sepele dan tidak dapat menemukan atau membuat bagian yang tepat untuk mereka.

Pete dan Andy, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda berdua karena memberi saya izin untuk menerbitkan wawancara di sini. Menerjemahkan wawancara memberi saya lebih banyak pemahaman tentang apa yang dipikirkan pria seperti Tantowi.
\


Imam Tantowi Skenario FILM
Menurut Imam Tantowi, sebelum menulis skenario ada 7 pertanyaan pokok yang harus dijawab, yaitu:

1. siapa satu tokoh utamanya
2. apa yang menjadi masalah utama dari 1 tokoh utamanya
3. apa saja yang selalu berusaha menghambat pencapaian tokoh utamanya
4. bagaimana pada akhirnya tokoh utama dalam mencapai gol/keinginannya. Semakin unik caranya akan lebih semakin menarik
5. apa yang ingin dicapai pada ending cerita
6. bagaimana anda mengisahkannya apa yang ingin dicapai tokoh utamanya
7. bagaimana perkembangan tokoh utama dan tokoh pendukung.

Imam Tantowi juga menjelaskan bahwa adaptasi bukanlah transkripsi dari bentuk novel ke dalam bentuk skenario, adaptasi adalah interpretasi dari sebuah cerita novel. Yang harus diperhatikan oleh penulis skeario haruslah melengkapi apa yang dibutuhkan nivel itu agar menjadi yang lebih bagus. Sebuah skenario adaptasi dari novel dianggap berhasil, kalau skenario itu sukses menangkap ruh dan essensi cerita serta jiwa dari novel aslinya.

Penulis novel pasti memiliki misi, pesan esensial yang mau disampaikan kepada khalayak pembaca. Ketika misi dari filmnya melenceng, atau malah bertolak belakang, maka adaptasi itu gagal menangkap ruh dan esensi novelnya, dan penggemar novel yang fanatis akan marah. Karena filmnya dianggap jauh berbeda dengan novel. Karena penulis skenario dan sutradara adalah juga seorang kreator, maka bisa terjadi novel yang sarat dengan dakwah, begitu menjadi film bisa dibalik menjadi anti dakwah, mungkin karena pebulis skenario dan sutradara tidak bisa menangkap misi dari novel. Atau mungkin sengaja melencengkan pesan novel tersebut, demi kepentingan tertentu.

Banyak sekali skenario adaptasi yang penyajiannya berbeda dengan novelnya, seperti The Godfather karya Mario Puzo. Film jauh lebih bagus melampaui novelnya sendiri. Skenario untuk film ditulis oleh Mario Puzo sendiri bersama sutradara, Francis Ford Coppola. Karena Mario Puzo sangat tahu apa yang paling esensial dari ceritanya, sementara Capollo sangat tahu bagian-bagian yang paling dramatik dari novel yang dibacanya. sebaliknya film The Lord of the Rings, untuk mendapatkan ruh, esendi serta jiwa dari novelnya, adaptasi untuk skenario film justru hampir seperti novel aslinya.

Yang penting dilakukan dalam adaptasi sebuah novel keskenario film, kemampuan memilah mana yang penting untuk cerita, dan mana yang sekedar bunga. Mana plot utama dan mana yang hanya cabang. jangan sampai plot cabang mengganggu plot intinya. Segera tentukan siapa protagonis, dan siapa tokoh antagonisnya. Lalu sebaiknya cerita berjalanmengikuti sang protagonis. Prinsipnya hanya ada satu protagonis yang menjadi alur cerita. Kalau terjadi ada alur kembar, penonton akan bingung. kemudian persiapkanlah perubahan demi perubahan tokoh utama dan tokoh pendukung dengan progres yang mencepat sampai mencapai klimak, sambil memberikan ruang kepada penonton untuk menduga-duga. Jika semakin banyak penonton yang salah duga tergadap tokoh pendukung, akan semakin menarik.

NEWS
Imam Tantowi: “Visi Berkarya Saya Sekarang Pencerahan”

Annida-Online--Pasang surut dunia perfilman Indonesia membuatnya tetap bertahan. Sempat berhenti menulis skenario dan menjadi sutradara karena menyadari “kegelisahan” karyanya sebagai seorang Muslim, yang juga pernah aktif di Pelajar Islam Indonesia (PII). Setelah sekian lama bergelut dengan karya yang tunduk pada pasar atau produser semata, kini sosok ini tegas menyampaikan visi berkaryanya. “Tetap karya yang ingin saya tampilkan adalah sebuah karya yang apa pun bentuknya, seperti action misalnya hanyalah bumbu. Isinya tetap pencerahan.”

Lalu munculnya kontribusinya yang bermuatan dakwah dalam film Fatahillah (sutradara), Ketika Cinta Bertasbih dan Ketika Cinta Bertasbih 2 (penulis skenario). Termasuk juga menulis skenario sinetron Mahakasih, Jalan Takwa, Astaghfirullah, Bang Jagur, dan sinetron lainnya.

Dialah Imam Tantowi, satu dari sedikit penulis skenario dan juga sutradara Indonesia yang tetap menjaga kualitas supaya penonton mendapat nilai plus usai menikmati sebuah tontonan. Jika sekarang dia yakin harus menolak membuat film yang tidak mendatangkan manfaat bagi dakwah, itu karena yakin pula Allah akan menggantikannya dengan yang lain. Perjalanan karirnya yang berujung me-reform visi kekaryaan cukup panjang. Hijrah ke Jakarta, lelaki kelahiran Tegal (13 Agustus 1946) ini tak berambisi menjadi orang film, keinginannya menjadi ilustrator di majalah. Meskipun sebenarnya di Semarang bergabung dengan teater Angkatan Muda PII.

“Saya bertemu dengan orang yang baik sekali, Has Manan yang yang mencurahkan ilmu art director pada saya, lalu mendapat kesempatan menulis dari Motinggo Busye. Kalau menjadi asisten sutradara, formal dengan Has Manan, informal dengan Motinggo Busye. Sebelum itu saya sudah pernah mengasisteni Motinggo Busye, tapi nggak ada di credit tittle. Film komedi yang pemainnya Jalal, saya lupa judulnya,” kenang Imam. Sejak itulah bapak enam anak ini merasa dunia film adalah pilihannya.

Untuk menjadi sutradara, zaman ketika dirinya berkecimpung dalam film harus ada pengukuhan dari Karyawan Film dan Televisi (KFT). Film pertamanya Pasukan Berani Mati (1982) lulus uji, tapi Imam belum berani maju. Ketika banyak sutradara memilih genre seks, komedi atau remaja, untuk film yang akan mengukuhkannya sebagai sutradara Imam memilih lain. “Saya akan dianggap sutradara yang nothing kalau membuat film begitu. Saya membuat film perang, dan perhitungan saya tepat sampai masuk Koran Kompas, Suara Pembaruan, dan majalah Tempo. Seorang produser memercayakan film perang pada sutradara baru. Alhamdulillah, film itu laris.” Lewat film keduanya Lebak Membara (1983), Imam maju untuk pengukuhan namun dianggap belum layak. Beberapa bulan setelah itu Lebak Membara mendapat tiga nominasi; penulisan skenario terbaik, aktris utama terbaik, dan penata musik terbaik. Artinya film itu di-manage dan disutradarai dengan baik sehingga mendapat apresiasi juri. Cukup aneh memang, sementara film yang dikukuhkan ada yang tidak mendapat nominasi sama sekali. Ditawarkan KFT untuk mengajukan satu film lagi untuk pengukuhan Imam menolak dan memilih mulai dari asisten sutradara lagi.

“Tapi sutradara itu akan saya "injak-injak". Saya diajak sutradara yang dulu saya langgar dan itu saya lakukan. Di film Jaka Sembung Kecil, saya ingin menghina organisasi saya saja, he he he ...Semua orang tahu film itu saya yang mengerjakan cuma namanya saja bukan. Dan itu sutradara lulusan KFT. Saya memberontak karena saya tahu saya dikerjain,” tukasnya. Setelah beberapa kali akhirnya ia mengalah dan mendapat pengukuhan.

Prestasi membanggakan adalah ketika Imam membuat film Saur Sepuh, Saur Sepuh 2, Saur Sepuh 3, dan Saur Sepuh 4. Film Saur Sepuh yang berbiaya Rp 1, 2 milyar -waktu itu budget film biasa maksimal 250 juta- sangat fenomenal dan menjadi film terlaris dengan penjualan tiket full. Sebenarnya Imam sempat meminta agar Saur Sepuh cukup sampai Saur Sepuh 3, menghindari kejenuhan film. Sampai akhirnya ia keluar dan membuat film perang kembali Soerabaia 45, yang menjadi piala pertamanya sebagai sutradra terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 1991. Setelah film Indonesia kolaps, Imam beralih ke sinetron dan menulis skenario sinetron laga seperti Kaca Benggala dan Angling Dharma.

Menjawab pertanyaan film yang berkesan, Imam menyebutkan rata-rata adalah film yang diinginkannya dan memberikan pesan moral, yaitu film anak-anak. Si Badung adalah salah satunya, film yang menceritakan perjuangan siswa SD membelikan sepede untuk guru idola mereka. Juga beberapa skenario film Nakalnya Anak-Anak (1979), lalu ada Ira Maya dan Kakek Ateng (1980). Tahun 1997 adalah tahun penting ketika bersama ia bersama Chaerul Umam membuat film layar lebar Fatahillah. “Itu yang pada akhirnya menyeret saya untuk menuju jalan yang benar. Dulu kan yang penting film saya itu tidak merusak moral, isinya mengajak kebaikan, tapi tidak ada berdakwah Islam. Nah, perkenalan dengan Chaerul Umam yang selalu dikawal dengan Abu Ridho dan Ustadz Muhammad Ridwan me-reform karya saya. Belum 100 persen memang, karena waktu itu saya sedang membuat Tutur Tinular dan Kaca Benggala, tapi tetap dengan moral Islam,” ujarnya.

“Saya sempat juga ditegur secara bercanda oleh Hosein Nurseha, senior saya di PII Semarang, kamu orang Islam bikin film Hindu. Saya bilang saya sudah stop bikin film Hindu, bikin yang baru sekarang. Apa? Film Budha!” kenang Imam sembari tertawa.

Seiring dengan perjalanan dan kesadaran untuk menjadi lebih baik, sekarang tawaran untuk film-film demikian berhenti. Banyak pihak telah mengetahui spesialisasi Imam. Apalagi ketika oleh umat Hindu Bali Angling Dharma sempat diprotes karena dia menyisipkan tokoh Islam asal Gujarat yang mengejar musuh sampai ke kerajaan Angling Dharma. Meskipun yakin tidak bersalah karena konsep kerja sama lintas agama melawat kebatilan menurutnya lebih baik daripada berseteru. “Itu mungkin sentilan dari Allah. Setelah itu saya stop. Nggak mau lagi, sejak itu saya keluar. Disuruh membuat cerita itu nggak mau, ini nggak mau. Akhirnya nganggur. Lalu kembali ketemu Chaerul Umam disuruh membuat Astaghfirullah di televisi, cerita tentang rukhyah syar’i. Saya jadi mengenal yang demikian, lalu Jalan Takwa, Matahari Cinta dan lainnya.”

Dan memang benarlah. Puncak prestasi apalagi yang mengangkat status kemanusian seorang kreator, selain karyanya mampu berkontribusi bagi kebaikan orang banyak, terlebih bagi agamanya. Bagaimana, sepakat bukan?


JENDRAL SUDIRMAN1993NURHADIE IRAWAN
Director
KNIGHT OF MADANGKARA, THE 1987 IMAM TANTOWI
Director
SI BADUNG 1989 IMAM TANTOWI
Director
FATAHILLAH 1996 CHAERUL UMAM
Director
PEMBALASAN SI MATA ELANG 1989 IMAM TANTOWI
Director
PASUKAN BERANI MATI 1982 IMAM TANTOWI
Director
MENUMPAS TERORIS 1986 IMAM TANTOWI
Director
SAUR SEPUH III 1989 IMAM TANTOWI
Director
SAUR SEPUH II 1988 IMAM TANTOWI
Director
SAUR SEPUH 1988 IMAM TANTOWI
Director
TERTEMBAKNYA SEORANG RESIDIVIS 1985 IMAM TANTOWI
Director
SAUR SEPUH IV 1991 IMAM TANTOWI
Director
SILUMAN SRIGALA PUTIH 1987 IMAM TANTOWI
Director
SOERABAIA 45 1990 IMAM TANTOWI
Director
KELABANG SERIBU 1987 IMAM TANTOWI
Director
DIA SANG PENAKLUK 1984 IMAM TANTOWI
Director
LEBAK MEMBARA 1982 IMAM TANTOWI
Director
CAROK 1985 IMAM TANTOWI
Director
7 MANUSIA HARIMAU 1986 IMAM TANTOWI
Director
PELET 1987 IMAM TANTOWI
Director

Tidak ada komentar:

Posting Komentar