Kamis, 03 Februari 2011

DR HUYUNG 1950-1951


HUYUNG, DR

Dr. Huyung atau Enatsu Heitaro. Dr Huyung atau Hinatsu Eitaro, alias Hue Yong. Ia adalah prajurit Jepang keturunan Korea yang mendapat tugas “menguasai” dunia sandirwara Indonesia semasa kependudukan Jepang. Kelak, setelah kemerdekaan, Huyung menyebarkan pengetahuan teatar dan film, di antaranya kepada Usmar Ismail. Huyung yang kelahiran 1907 itu membuat empat film, terakhir adalah Bunga Rumah Makan pada 1952.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Huyung mendirikan Cine Drama Institut pada 1948 di Yogyakarta yang saat itu menjadi Ibukota RI. Salah satu pengajarnya adalah Ki Hajar Dewantara. Tapi institut itu tidak tahan lama. Setelah itu, Huyung mendirikan Stichting Hiburan Mataram, tempat belajar dan prakteknya seniman muda.

Dalam kurun waktu yang tak terlalu lama, masyarakat dan pers pun mulai jengkel karena dominannya film hiburan, sementara film berkualitas tidak kebagian tempat. Oleh karenya Dr. Huyung atau Enatsu Heitaro mulai meneriakkan perlunya Undang-undang Perfilman. Sebab pada saat itu organ pemerintah yang berkaitan dengan film hanya Badan Sensor Film.

Menginjak tahun 1954, Djamaluddin Malik dan Usmar Ismail mulai membentuk organisasi Gabungan Producers Film Indonesia, kemudian menjadi Perserikatan Producers Film Indonesia dan akhirnya di kemudian hari menjadi Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI)


ANTARA BUMI DAN LANGIT 1950 DR HUYUNG
Director
BUNGA RUMAH MAKAN 1951 DR HUYUNG
Director
GADIS OLAHRAGA 1951 DR HUYUNG
Director
KENANGAN MASA 1951 DR HUYUNG
Director.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar