Minggu, 27 Februari 2011

DARI FILM MUSIKAL/ Film Kantata Takwa/ Gatot Prakoso

Film ini disutradarai Oleh Eros Djarot Dan Gatot Prakosa.

Diskusi Edukatif dari film Kantata Takwa arahan Gatot Prakosa ( IKJ ) diruang teater mini fakultas desain komunikasi visual Universitas Widyatama bagian dari kegiatan rutin bedah film yang bersifat pembelajaran bagi para mahasiswa. Peserta diskusi edukatif ini banyak diminati baik dari kalangan internal maupun eksternal sebagai ajang menumbuhkan sikap profesional di kemudian hari.

Film yang banyak dilakoni sederet artis/aktor lama yang bersifat musikal itu dapat menjadi bahan renungan atas sikap dua generasi dibawah sistem pemerintahan yang sedang berjalan, walaupun film tersebut rada agak telat sebagai corong reformasi dinegeri ini tetapi kekuatan sebagai cerita dokumenter dapat memberikan pelajaran tersendiri sebagai landasan berbikir generasi selanjutnya dikemudian hari./ Selamat dan Sukses.

Kapanlagi.com - Berbeda dari film lain yang umumnya hanya menunggu 1-2 tahun sebelum diedarkan, KANTATA TAKWA sebenarnya sudah dibuat pada 18 tahun lalu. Namun baru tahun ini film semi dokumenter ini dirilis.

"Setelah jadi, film ini saya simpan di rumah," kata Gatot Prakosa salah satu produser film ini yang ditemui di seusai "preview" film tersebut di Jakarta, Rabu (17/09).

Menurut Gatot, saat itu (masa ORBA) tidaklah dimungkinkan untuk mengedarkan film tersebut di bioskop. "Siapa yang berani?" katanya.

Menyambung ucapan rekannya, Eros Djarot mengatakan bahwa hal itu ada dampak positifnya. "Kalau dulu diedarkan, pasti lah tidak jadi karena banyak sekali yang dipotong," katanya.

Berdurasi 72 menit, film KANTATA TAKWA menggambarkan kehidupan para seniman dan aktivis yang diburu aparat karena aksi-aksinya yang mengecam pemerintah lewat puisi, musik, dan lagu.

Kecaman-kecaman itu diperlihatkan melalui beberapa lagu KANTATA TAKWA seperti Bongkar, Hati Nurani, dan Bento.



KANTATA TAKWA

kantata takwa movie iwan fals

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar