Kamis, 10 Februari 2011

CINTA ANNISA / 1983

CINTA ANNISA


Semula berjudul "Mengapa Harus Jumpa" (PT. Insantra) yang diilhami dari sebuah lagu pop band D'Lloyd. Rencana produksi tahun 1975 itu gagal, dan baru terlaksana tahun 1983 dengan ganti judul dan ganti produser.

Ratih (Tamara Annya) ditinggal mati kedua orang tuanya sejak kecil. Dia berkewajiban membesarkan adiknya, Ratna (Misye Arsita) dan Ratno (Benny Reynalfi). Ratih terjerumus menjadi pelacur. Dan ia punya langganan tetap, Gunawan (Yan Bastian), yang ditolongnya hingga penyakit impotennya bisa sembuh. Gunawan ini pula tempatnya minta pertolongan bila membutuhkan uang banyak. Dengan cara itu ia membiayai adiknya.

Suatu kali ia ditolong penjual sate, Idrus (Tri Warsono) dari gangguan anak berandal. Idrus dan Ratih lalu akrab dan saling cinta. Semua berantakan saat Ratna hamil oleh pacarnya, dan Ratih diketahui pacar Ratna maupun Idrus sebagai pelacur. Gunawan lagi-lagi menyelamatkan Ratih, karena pacar Ratna adalah keponakannya. Ratih lalu pulang kampung. Idrus menyusul. Nama Ratih di desa kembali ke aslinya: Annisa.

Sutradara sangat bernafsu dakwah dalam film ini, hingga ayat-ayat Quran sering muncul di layar berikut terjemahannya.

P.T. DWI TUNGGAL PERKASA FILM

TAMARA ANNYA
TRI WARSONO
MISYE ARSITA
YAN BASTIAN
MANDRA
ZAINAL ABIDIN
HENGKY NERO
BENNY REYNALFI
DASRI YACOB
FAKHRI AMRULLAH
CHAIDAR DJAFAR
WISJNU MOURADHY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar