Selasa, 01 Februari 2011

SUCI SANG PRIMADONA / 1977

SUCI SANG PRIMADONA


Suci (Joice Erna) nampak dibuat-buat perilakunya bila berhadapan dengan Oom Kapten (Sukarno M. Noor), pak Dawud (Alam Surawidjaja) dan tuan Condro (Awaluddin). Tiga lelaki inilah tempat Suci, Sang primadona panggung teater rakyat meraih impian tentang kekayaan. Bila berhadapan dengan Eros (Rano Karno) pemuda yang lari dari tekanan orangtuanya, Suci berperilaku wajar, pribadinya menjadi utuh. Namun, hubungan kedua manusia ini menimbulkan impian lain bagi Suci, karena cinta yang tak mungkin dapat diraihnya.

Selain itu Arifin jugalah yang pertama mengenali bakat aktris Joice Erna dan mengangkatnya ke jenjang popularitas lewat film pertamanya Suci Sang Primadona di tahun 1977. Dan Joice Erna sangat bagus memerankan tokoh Suci ini sehingga memenangkan piala Citra sebagai pemeran wanita terbaik di FFI 1978.
 
 Film terlaris IV di Jakarta, 1978, dengan 146.479 penonton, menurut data Perfin.


Film ini cukup bagus, nakal dan lucu. Percampuran yang unik, kaum muda yang di wakili Eros (Rano Karno) sebagai anak minggat, sedangkan para lelaki tua yang mencintai Suci adalah para orang tua yang mungkin sebaya dengan orang tua Eros. Para lelaki bandot yang mencintai Suci dari berbagai karakter yang sering kali jatuh cinta sama penyanyi, pemeran hiburan lainnya. Yaitu dari golongan pedagang elit, pebisnis kampung, hingga kepala preman setempat. Semua jatuh cinta sama Suci dan semua di pacari Suci hanya untuk uang. Dan semua lelaki bandot itu ingin Suci menjadi istri ke 2 mereka. Kesegaran muncul Eros (Rano Karno), bahkan jatuh cinta juga sama Suci, Suci juga begitu tetapi Suci tahu batas usia untuk menjadi istrinya eros. Semua lelaki tidak Suci terima, termasuk Eros.


Yang menarik dari film ini, dihiasi oleh panggung Srimulat, sehingga campur lucu, karena Suci adalah pemeran idola panggung sadiwara ini. Ternyata Judul Suci sang primadona, memiliki arti yang ganda.Suci sebagai nama orang yang menjadi primadona, dan Suci (Kesucian Primadona).
 P.T. GRAMEDIA FILM

JOICE ERNA
RANO KARNO
SUKARNO M. NOOR
AWALUDIN
ALAM SURADWIDJAJA
MENZANO
DORMAN BORISMAN
HADI POERNOMO
KUNTJUNG
GRUP SRIMULAT SURABAYA

FULL MOVIE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar