Minggu, 30 Januari 2011

DR. SITI PERTIWI KEMBALI KE DESA / 1979

DR. SITI PERTIWI KEMBALI KE DESA





 

Siti Pertiwi (Christine Hakim) yang baru lulus sebagai dokter, menjalani wajib dinasnya di daerah Menggala, Lampung. Di tempat tugas ini ia harus menghadapi berbagai masalah: kecurangan yang dilakukan mantri pembantunya, ketakutan penduduk setempat pada dukun sakti Atuk Raja (Maruli Sitompul) berikut anak buahnya yang beringas, dan masalah-masalah pribadinya. Semua ini menyulitkan pekerjaannya sebagai dokter di desa itu. Ia mendapat bantuan dari mahasiwa yang kerja serabutan di daerah itu. Namun, hal ini malah mengundang pandangan yang tidak-tidak. Sutradara meramu kisah tadi dalam sajian campuran antara renungan Siti Pertiwi tentang pekerjaan dan dirinya, dengan konflik fisik.











 
 Suatu angket telah diadakan oleh PT.Safari Sinar Sakti Film. 94% komentar yang masuk menyatakan "lumayan, cukup, bagus, baik, bermutu" dan selebihnya berupa saran yang antara lain menyebutkan, "judulnya kurang tepat. Sebuah komentar dari Effy Thomas menunjukkan pernyataan yang paling konkrit dari film yang lahir dari ide KNPI itu. "Sangat bagus, apalagi pengabdian dan keberanian seorang dokter wanita. Banyak persamaan antara cerita film itu dan realita pada dokter di kehidupan nyata.

News


DR. SITI PERTIWI KEMBALI KE DESA Hampir setiap hari orang bicara soal pembangunan. Tapi banyak orang lupa bahwa hal itu juga menyangkut perubahan nilai dan mental. Dalam Dokter Siti Pertiwi Kembali Ke Desa, saya ingin mengemukakan bahwa soal pembaharuan itu merupakan hasil benturan nilai tradisional dan nilai modern. Untuk memperoleh resep pembangunan, saya kira, kaum intelektual harus lebih banyak mengenal lingkungannya. -- Ami Prijono KAUM intelektual (modern) dalam film Dokter Siti Pertiwi Kembali Ke Desa diwakili Siti Pertiwi (Christine Hakim). Sementara Atuk Raja (Maruli Sitompul), dukun tradisional dan Daying Madani (Ikranegara) murid Atuk Raja, berada di pihak seberang. Benturan nilai tradisional dan modern itu terjadi di Desa Menggala, Lampung, tatkala Siti Pertiwi diterjunkan ke sana sebagai dokter Inpres. Pada mulanya kelompok Atuk Raja menolak konsep pengobatan modern. Dengan bekal pengetahuannya, Siti Pertiwi berusaha meyakinkan Atuk Raja bahwa ilmu kedokteran modern merupakan suatu alat ampuh . Ketika Desa Menggala dilanda wabah muntaber -- karena sumur dan sungai diracuni Daying Madani -- barulah Atuk Raja mau membantu dokter itu mengatasi wabah. Sementara Siti dan Atuk sudah melunakkan sikap, Daying Madani memisahkan diri secara sepihak. Di situ sutradara Ami Prijono berusaha menunjukkan bahwa konflik justru melahirkan suatu perkawinan harmonis kedua nilai itu. Ditunjukkannya Atuk Raja justru tewas di tangan Daying Madani sendiri. "Di film itu saya ingin menunjukkan bagaimana sesungguhnya peranan kaum intelektual sebagai ujung tombak pembangunan," ujarnya. Dibanding filmnya terdahulu Jakarta-Jakarta, kali ini filmnya lebih tangkas bertutur. Dengan pedas, Ami mengolok-olok sebagian kelompok masyarakat tradisional yang keburu maju -- digambarkan dalam sosok Kustiyah (Joice Erna). Didukung permainan para pemeran yang bagus, film ini menawarkan suatu gagasan dan wilayah baru. Setidaknya ia bukanlah film melodrama dengan deraian air mata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar